Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan Prettier VS Code

Cara Menggunakan Prettier VS Code - Berbicara mengenai plugin yang wajib di install di Visual Studio Code, Prettier merupakan salah satu plugin yang wajib kamu miliki. Tapi sebelumnya, apakah kalian sudah mengetahui fungsi dari Plugin Prettier ini ?

Cara Menggunakan Prettier VS Code


Prettier merupakan plugin yang memiliki fungsi untuk merapikan kodingan secara otomatis ketika kalian men-save projectnya. Plugin ini sangat membantu jika kalian merupakan seorang yang malas merapikan struktur koding milik kalian. Berikut adalah code yang terintegrasi dengan plugin prettier
JavaScript, TypeScript, low, JSX, JSON, CSS, SCSS, Less HTML, Vue, Angular, GraphQL, Markdown,  dan YAML. Berikut pembahasan lengkap mengenai plugin prettier.


1. Cara Menginstall Plugin Prettier


Plugin Prettier bisa kalian unduh secara gratis dalam extensions yang sudah tersedia di Visual Studio Code. Cara installnya pun sangat mudah, kalian bisa mengikuti dibawah ini :

1. Buka Visual Studio Code terlebih dahulu, jika sudah di pojok kiri terdapat beberapa menu. Klik yang menu ditandai warna merah, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Menginstall Plugin Prettier

2. Setelah itu, cari plugin prettier di dalam kotak search yang telah disediakan, kemudian pilih plugin prettier seperti pada gambar.

Cara Menginstall Plugin Prettier #2

3. Kemudian, klik tombol install. Setelah penginstallan selesai, nanti akan muncul tombol reload. Klik tombol tersebut, nanti Visual Studio Code nya akan ter refresh otomatis.

ara Menginstall Plugin Prettier

2. Cara Setting Prettier


Jika sudah berhasil menginstall plugin pretter, langkah selanjutnya kalian setting plugin prettier agar bisa digunakan. Cara settingnya pun sangat mudah, untuk langkahnya kalian bisa ikuti dibawah ini.

1.  Dipojok kiri bawah, terlihat ada logo setting. Klik pada bagian tersebut, nanti akan muncul tulisan setting.

Cara Setting Plugin Prettier

2. Setelah kalian klik setting pada bagian tadi, nanti akan muncul format untuk menyetingnya. Klik pada kotak pencarian dan tulisankan Format On Save. Setelah itu, arahkan mouse disamping tulisan editor.formatOnSave":false, nanti akan muncul gambar pensil. Klik pada bagian tersebut dan ubah menjadi true.

Cara Menggunakan Plugin Prettier

3. Cara Menggunakan Prettier


Setelah menginstall + mensetting plugin prettier, kalian bisa menggunakan plugin Prettier. Menurut saya plugin ini banyak sekali manfaatnya serta mengefektifkan waktu dalam mengerjakan project kalian karena tidak perlu lagi merapihkan struktur codenya. Setiap kalian melakukan save, maka otomatis plugin prettier akan dijalankan.

Penutup

Berikut adalah cara install,setting, dan menggunakan plugin prettier yang bisa kalian ikuti dengan mudah. Masih banyak sekali plugin yang wajib kalian install dan salah satunya dalah Plugin Prettier. Untuk selanjutnya mungkin saya akan membahas plugin lain yang memiliki fiutr menarik lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan Prettier VS Code"