Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kerya Tiga Dimensi Menggunakan Lilin Mainan

 

Berdasarkan dimensinya karya seni rupa dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. apakah kalian tahu contoh dari karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi?

Salah satu contoh karya seni rupa dua dimensi adalah lukisan, sedangkan contoh karya seni rupa tiga dimensi adalah patung. Kali ini kita akan membahas seni rupa tiga dimensi, ayo kita simak.

Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Unsur volume inilah yang menjadi pembeda antara benda dua dimensi dan benda tiga dimensi. Benda tiga dimensi misalnya benda hias dan benda yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perhatikan gambar berbagai karya tiga dimensi berikut.



Gambar di atas menunjukkan berbagai karya tiga dimensi. Apa saja benda pada gambar di atas? Tuliskan pada kolom berikut.

No

Gambar

Keterangan Gambar

1

Gambar 1

Gambar bentuk rumah dari kertas

2

Gambar 2

Gambar bentuk pohon dari kertas

3

Gambar 3

Gambar bentuk binatang dari kertas

4

Gambar 4

Maket lingkungan perkotaan dari kertas

5

Gambar 5

Maket lingkungan peternakan dari kertas

 

Karya tiga dimensi dapat dibuat dari berbagai bahan. Ada karya berbentuk rumah dari bahan kertas yang dibuat dengan cara menggunting dan menempel. Ada karya berbentuk binatang dari bahan tanah liat dan plastisin yang dibuat dengan cara membentuk. Ada karya berupa bentuk meja kursi dari bahan kayu yang dibuat dengan cara digergaji dan disatukan dengan paku. Untuk membuat karya tiga dimensi, sebaiknya kamu harus membuat gambar rancangan karya yang akan dibuat. Berikut gambar rancangan karya tiga dimensi yang telah dibuat oleh Udin dan teman-teman.

 

Setelah membuat gambar rancangan karya seni rupa tiga dimensi, Udin dan teman-teman membuat karyanya. Berikut langkah-langkah Udin dalam membuat karya tiga dimensi berupa pohon jagung.

 

Ayo Mencoba

1.       Menyiapkan alat dan bahan.

 

2.       Membentuk atau membuat bagian-bagian pohon jagung.

 

3.       Hasil jadi bentuk bagian-bagian pohon jagung.

 

4.       Menyatukan bagian-bagian pohon jagung.

5.       Karya tiga dimensi berupa pohon jagung sudah jadi.


Jadi karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang,lebar dan tinggi (volume). Contohnya antara lain seni kriya, seni arsitektur, seni keramik, seni patung, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat ya..