Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban "Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban Terhadap Lingkungan"

 

Manusia memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan alam. Menjaga lingkungan alam dapat dilakukan mulai dari hal yang kecil sekalipun, misalnya membuang sampah di tempatnya, memilah sampah organik dan anorganik, memanfaatkan barang-barang bekas untuk di daur ulang sehingga menjadi barang baru yang dapat digunakan kembali, dan kegiatan lainnya. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

 

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama

: Sanusi

Pertanyaan yang diajukan

: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?

Hasil Wawancara

:

 

 

No

Nama Narasumber

Jawaban

 

1

Budi

Akan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor

2

Rani

Daerah resapan air berkurang

3

Yudi

Akan terjadi abrasi

4

Edo

Hewan-hewan akan kehilangan tempat tinggal dan sulit mencari makan

5

Fani

Ikan- ikan yang hidup di air yang tercemar akan mati

 

Kesimpulan: ketika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan alam, maka lingkungan akan tidak terawat dan bahkan rusak sehingga tidak hanya manusia yang akan rugi ketika lingkungan tersebut sudah rusak tetapi juga makhluk hidup lainnya juga.

 

Menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan sumber daya alam, salah satunya adalah sumber energi, dapat dilakukan oleh diri sendiri dan mengajak orang-orang di sekitar kita. Media yang dapat digunakan untuk melakukan ajakan tersebut dapat berupa poster.

Amati dan cermatilah poster berikut yang menunjukkan kepedulian terhadap sumber daya alam yakni air. Poster yang mengajak kita berhemat air sebagai salah satu upaya untuk melestarikan ketersediaan air bersih.



 

Ayo Mencoba

Salah satu cara untuk menjaga kelestarian alam adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo, kita manfaatkan bersama barang-barang bekas.

Salah satu barang yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kantong plastik. Kantong plastik ini bahannya  sangat sulit untuk terurai. Kita dapat memanfaatkan kantong plastik ini untuk membuat benda yang dapat memiliki nilai kembali. Salah satunya adalah membuat bunga dari kantong plastik bekas seperti gambar dibawah ini.



Setelah disusun sedemikian rupa, buju tersebut dapat dipakai ketika ada karnaval atau kegiatan yang memiliki tema pemanfaatan sampah daur ulang. Kalian juga bisa membuatnya dirumah, bunga-bunga tersebut dapat disusun di bekas botol air mineral untuk dijadikan pajangan di ruang tamu. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat ya..