Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban "Manfaat Energi Matahari"


Sumber energi yang ada di Indonesia sangat beragam, mulai dari minyak dan gas bumi ( migas) dan bukan berupa minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Semua sumber-sumber energi tersebut harus dimanfaatkan secara bijak dan bertanggung jawab demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sumber-sumber energi tersebut dalam dapat dibagi dua yaitu sumber energi yang tidak dapat diperbarui dan sumber energi yang dapat diperbarui. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari bersama!

A.      Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.



Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

 

B.      Sumber Energi yang Dapat Diperbarui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.


Ayo Berlatih

Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.

Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energy matahari bagi kehidupan manusia. Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.

Berdasarkan bacaan di depan, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu. Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu.

Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.

Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.       Siapa narasumber yang akan kamu wawancarai?

Narasumber: orang tua, kakak, paman, bibi, saudara

2.  Pertanyaan apa saja yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan data kondisi lingkungan di lingkungan sekitarmu?

Daftar Pertanyaan

a.       Siapa nama Bapak/Ibu?

b.      Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu?

c.       Tanaman apa saja yang ditanam disekitar lingkungan sekitar?

d.      Perlukah melakukan kerja bakti untuk mejaga kebersihan lingkungan?

e.      Kegiatan kerja bakti apa yang dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan?

 

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Tanggal wawancara         : 25 Maret 2020

Data hasil wawancara     :

No

Nama Narasumber

Pertanyaan

Jawaban

1

Orang tua

Siapa nama Bapak/Ibu?

Pak Jono

Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu?

Hewan yang masih dijumpai antara lain: ayam, burung, kucing, kambing, sapi, bebek.

Tanaman apa saja yang ditanam disekitar lingkungan sekitar?

Tanaman yang ditanam disekitar rumah antara lain: bunga, cabai, bayam, rempah (jahe,kunyit, lengkuas), tanaman buah

Perlukah melakukan kerja bakti untuk mejaga kebersihan lingkungan?

Kegitan kerja bakti perlu dilakukan untuk menjada lingkungan sekitar tempat tinggal tetap bersih dan sehat untuk ditinggali

Kegiatan kerja bakti apa yang dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan?

Membersihkan selokan, memperbaiki parit jika tersumbat, membersihkan jalan dari sampah, membersihkan sekitar rumah masing-masing

 

Jadi sumber energi yang tidak dapat diperbarui antara lain: minyak bumi, batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya, sedangkan sumber energi yang dapat diperbarui antara lain: air, matahari, hewan, dan tumbuhan. Salah satu sumber energi yang kita manfaatkan setiap hari adalah air dan matahari. Kalian memanfaatkan air dn matahari untuk kegiatan apa saja?

Coba diskusikan dengan teman-teman mu. Semoga bermanfaat ya..