Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Tokoh Kerajaan pada Masa Kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam


Sebelum terbentuk sebagai negara kesatuan, wilayah-wilayah di nusantara berbentuk kerajaan. Di berbagai wilayah nusantara berdiri kerajaan-kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Kerajaan-kerajaan tersebut mewariskan bukan saja benda bersejarah, tetapi juga pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yang telah menginspirasi bangsa Indonesia.



Cari informasi tentang perjuangan, benda bersejarah, dan nilai-nilai kepahlawanan yang telah mereka wariskan kepada Bangsa Indonesia. Kamu bisa mendiskusikannya dengan teman kelompokmu, membaca buku, atau bertanya kepada gurumu.

Tuliskan nilai-nilai perjuangan dan peninggalan lainnya dari para raja yang memengaruhi masyarakat atau daerah di tempat kamu tinggal. Tulisanmu bisa memuat semangat perjuangan, nilai pendidikan, ajaran positif, maupun benda- benda bersejarah.

Peninggalan bukan hanya benda bersejarah saja tetapi juga pemikiran atau nilai-nilai yang bisa mempengaruhi hidup masyarakat, misalnya Raja Purnawarman memiliki nilai melindungi orang lain, dalam hal ini rakyatnya.

·         Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?

1.  Membangun armada laut yang kuat

2.  Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya mengalami masa kejayaannya.

3.  Raja Balaputra Dewa dengan bantuan Raja Dewapaladewa di Pali telah mendirikan Vihara di Nalanda (India) bagi pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda

4.  Perkembangan pelayaran dan perdagangan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dimiliki nya berani, tegas dalam memimpiin

·         Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Iskandar Muda?

1.  Memperluas wilayah aceh sampai ke semenanjung malaisya.

2.  Aceh mengalami masa kejayaaan karena menjadi pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam

3.  Gigih, pemberani, rela berkorban.

·         Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Sultan Hasanudin ?

1.  Sultan Hasanuddin sangat gagah berani dalam melawan VOC.

2.  Beliau berani mengorbankan seluruh hidup, kesenangan, serta kemewahannya untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya.

3.  Beliau membela kehormatan negara dan mempertahankan setiap jengkal tanah airnya dengan tetesan darah.

4.  Gigih, pemberani, rela berkorban

·         Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?

1.  Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah berhasil mempersatukan nusantara.

2. Gajah Mada dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, hingga panglima perang.

3. Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.


Tokoh pada masing-masing kerajaan memiliki peran tersendiri dan menjadi pahlawan bagi rakyatnya masing-masing. Nilai-nilai kepahlawanan yang pernah mereka contohkan juga dapat kita teladani dan kita terapkan pada masa sekarang. Raja Balaputradewa dengan perhatiannya terhadap pendidikan mendirikan Vihara untuk rakyatnya belajar agama budha. Sultan Iakandar Muda dengan gigih menjadikan kerajaannya sebagai pusat perdagangan & pengembangan ajaran islam. Sultan Hasanudin dengan gagah berani mempertahankan tanah airnya. Semangat Gajah Mada dalam mempersatukan nusantara. 

Semoga bermanfaat ya..