Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban "Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita"

 

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman flora dan fauna.  Dengan adanya keragaman yang ada maka Indonesia memiliki potensi sumber daya dari makhluk hidup yang hidup dan berkembang di bumi Indonesia. Setiap sumber daya memiliki manfaat. Lalu apa saja manfaat makhluk hidup di sekitar kita?

Ayo Membaca!

Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita

Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam hayati. Keberadaannya akan terus-menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuatnya punah. Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi. Tumbuhan juga berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor. Tumbuhan juga bermanfaat untuk menyerap karbon dioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

Apakah manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya? Hewan pengurai berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara. Dalam mata rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam.

Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut sebagai berikut.

1.       Sumber bahan pangan

Hewan yang merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi, ayam, udang, dan ikan. Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran, buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.

2.       Bahan sandang atau pakaian

Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari serat tumbuhan dan hewan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.

3.       Peralatan rumah tangga

Banyak perabot rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan keras. contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus.

4.       Produk kesehatan

Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing.

Sumber: Ilmu Pengenathuan Alam, Aprilia dan Afifatul Achyar, Pusat perbukuan, Jakarta, 2010

 

Berdasarkan bacaan di atas dan juga dari berbagai sumber yang kamu ketahui, lakukan kegiatan berikut.

1.    Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia.

 


 

2.       Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya.

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar adalah sebagai tempat hidup bagi hewan-hewan tertentu, mencegah longsor karena kemampuan akar tumbuhan yang dapat menyerap air, sebagai penghasil oksigendan penyerap karbondioksida

3.       Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya.

Sebagai penghasil pupuk organic dengan kotorannya, sebagai penggembur tanah, menjaga agar manusia tidak mendominasi hutan dan mengekploitasi hutan secara berlebihan

4.       Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?

Yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh adalah suhu akan berubah secara drastis, banyak hewan akanmati, akan terjadi kekeringan karena tidak ada air

5.   Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?

Yang akan terjadi jika hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh manusia adalah hewan-hewan akan berpindah tempat karena sumber makanan tidak ada, masuknya hewan liar ke permukiman warga, merusak lading dan rumah warga untuk mencari makanan


Ayo Mengamati!

Perhatikan lingkungan tempat tinggalmu dan sekolahmu dengan seksama!

  1. Buatlah daftar tumbuhan dan hewan yang ada di sana.
  2. Amatilah manfaat tumbuhan dan hewan itu baik bagi lingkungan rumahmu maupun lingkungan sekolah.

Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu!

Di Rumah

Nama Tumbuhan

Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah

Nama Hewan

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Rumah

Pohon kelapa

Buahnya dapat dikonsumsi

Daunnya dapat dijadikan atap atau sapu lidi

Batangnya bias dijadikan bahan bangunan atau jembatan

Cacing

Membuat gembur tanah agar menjadi lebih subur

Sereh

Sebagai penyedap makanan

Kambing

Dagingnya sebagai bahan makanan

Jahe

Dijadikan sebagai bahan obat

Sapi

Dagingnya sebagai bahan makanan

Susunya dapat diminum

 

Di Sekolah

Nama Tumbuhan

Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Sekolah

Nama Hewan

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekolah

Bunga melati

Sebagai bahan baku pembuatan teh

Kupu-kupu

Membantu penyerbukan bunga

Daun sirih

Dijadikan sebagai bahan obat

Kucing

Untuk menagkap tikus

 

Setiap makhluk hidup memiliki manfaat yang dapat manusia kelola. Dengan pengelolaan yang baik, maka makhluk hidup tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kehidupan manusia. 

Semoga bermanfaat ya..