Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban "Mozaik Kreasi Bersama"


Pernahkah kalian bekerjasama dengan orang yang berbeda dengan kalian? Entah berbeda dalam hal sosial, budaya, agama, pola pikir, bahkan pendapat. Hari ini Lani akan bekerjasama dengan Edo untuk mengerjakan tugas. Bagaimana cerita keduanya dalam bekerja sama? Mari, kita simak bersama!

Mozaik Kreasi Bersama

Lani duduk termenung di meja ruang tengah rumahnya. Di hadapannya terbentang sebuah karton besar. Masih kosong. Pak Burhan memberi tugas kepada anak-anak untuk membuat mozaik kreasi sendiri. Tugas tersebut harus dilakukan secara berpasangan. Lani berpasangan dengan Edo. Sejak kemarin Lani sudah mencari ide untuk tugas tersebut, tetapi ia belum menemukan yang sesuai.

“Ah, tunggu Edo saja,” pikir Lani.

Tugas bersama akan lebih baik hasilnya jika dikerjakan bersama.

Beberapa saat kemudian Edo datang. Benar saja dugaan Lani, Edo sudah mempunyai ide untuk mozaik mereka. Usul Edo adalah membuat mozaik rumah adat. Edo berasal dari Maluku. Ia sudah punya contoh gambar rumah adat Maluku. Baileo namanya. Menarik. Lani pun memberi usul untuk membuat juga mozaik rumah adat dari daerah lain. Rumah Gadang dari Padang, Rumah Kebaya dari Betawi, Rumoh Aceh, Rumah Joglo dari Jawa, atau Rumah Limas dari Sumatera Selatan. Rumah adat daerah-daerah di Indonesia memang beragam dan unik.

Mozaik rumah adat akan menjadi kreasi yang menarik. Selain itu, ketika nanti teman-teman mencoba merangkai mozaik, mereka akan belajar juga tentang keragaman rumah adat Indonesia.

Pak Burhan memang sengaja memberikan tugas membuat mozaik secara berpasangan. Bukan hanya untuk mengasah kreativitas, tetapi juga memunculkan diskusi, mengasah kerja sama, serta memecahkan masalah bersama-sama. Sama seperti mozaik. Ketika keping-kepingnya digabungkan menjelma menjadi gambar yang indah.

Berdasarkan teks di atas. Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompokmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.

1.       Apa ide yang dimiliki Lani?

Membuat rumah adat daerah lain

2.       Apa ide yang dimiliki oleh Edo?

Membuat rumah adat daerah Maluku,yaitu Baileo

3.       Bagaimana mereka menyikapi ide-ide berbeda?

Menghormati ide yang disampaikan, apabila bisa dilengkapi maka orang lain bisa melengkapi dan disempurnakan

4.       Apakah ide mereka yang berbeda memberikan manfaat? Jelaskan!

Ya, ide yang berbeda dapat memberikan manfaat,yaitu dengan memperkaya ide yang sudah disampaikan

5.       Kerja sama apa yang terlihat pada cerita di atas?

Kerjasama membuat mozaik

6.       Apa manfaat kerja sama dalam keberagaman?

Kerjasama dalam perbedaan memberikan manfaat antara lain: akan tercipta kerukunan, saling mendukung satu sama lain, dan saling melengkapi kekurangan masing-masing

7.       Hal baik apa yang bisa didapatkan ketika mereka bekerja sama dalam keberagaman?

Saling memahami dan menghargai perbedaan, perbedaan tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak bersatu

8.       Nilai-nilai apa yang dapat kita contoh dari cerita Lani di atas?

Nilai-nilai yang dapat di contoh antara lain: bekerjasama dalam perbedaan, menghormati ide/pendapat orang lain, saling melengkapi satu sama lain


Terima kasih Tuhan Engkau memberikan kami teman-teman yang berbeda. Dari mereka kami bisa belajar banyak hal. Terima kasih Engkau anugrahkan perbedaan pada kami. Dengan perbedaan ini kami menjadi belajar untuk menghargai sesama dan semakin mempererat persatuan dan kesatuan kami.

Semoga bermanfaat ya..