Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban "Perkembangbiakan Kupu-Kupu"

 

Apakah kalian pernah melihat kupu-kupu? warna apa saja yang ada pada sayap kupu-kupu?

Kupu-kupu merupakan hewan yang memiliki banyak jenis. Di Indonesia ada beberapa jenis kupu-kupu yang dilindungi seperti Kupu Bidadari asal Sulawesi dan Butung, Kupu Sayap Burung Peri asal Papua, Kupu Sayang Burung Rothschild asal Papua, Kupu Raja Triton asal Halmahera dan Ternate, Kupu Raja Haliphron asal Sulawesi dan Nusa Tenggara, Kupu Raja Hipolitus asal Sulawesi dan Maluku, Kupu Raja Miranda asal Sumatra dan Kalimantan, Kupu Raja Vandepolli asal Sumatera dan Jawa, dan masih banyak lagi jenisnya. Lalu bagaimana proses perkembangbiakkan kupu-kupu? Mari, kita cari tahu bersama!

Ayo Membaca!

Apakah di lingkunganmu terdapat kupu-kupu? Bacalah teks berikut untuk menambah pengetahuanmu tentang kupu-kupu.

Kupu-kupu



Kupu-kupu termasuk dalam kelompok serangga. Kupu-kupu biasanya memiliki warna yang indah cemerlang. Kupu-kupu tidak berbahaya bagi manusia. Daur hidup kupu-kupu bermula dari telur yang melekat di daun, kemudian matang dan menetas.

Setelah 5 sampai dengan 10 hari dan menjadi larva (ulat). Setelah 2 minggu, larva (ulat) membentuk kepompong yang bergantung di ranting atau daun selama 2 sampai dengan 3 minggu. Setelah beberapa waktu, kupu-kupu dewasa keluar dari kepompong.

Kupu-kupu dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Bagi petani dan orang pada umumnya, kupukupu ini sangat bermanfaat untuk membantu penyerbukan tanaman.

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah. Kupu-kupu Indonesia banyak ragamnya dibandingkan dengan kupu-kupu dari negara lain.

 

 

Tidak sedikit penggemar kupu- kupu. Warnanya yang indah sangat menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, perburuan kupu-kupu sering terjadi.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kelangsungan hidup kupu-kupu maupun makhluk lainnya.

 

Tahukah kamu manfaat kupu-kupu?

Kupu-kupu membantu penyerbukan tanaman. Hal ini tentunya bermanfaat untuk kelestarian tanaman tersebut.

Bersama temanmu, jawablah pertanyaan berikut.

1.       Apa akibatnya apabila kupu-kupu punah?

Jika kupu-kupu punah maka kelestarian tanaman juga terganggu karena berkurangnya hewan yang membantu penyerbukan tanaman.

2.       Apa yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kupu-kupu?

Untuk melindungi kupu-kupu dapat dilakukan dengan cara menjaga kelestarianya dengan cara tidak memanfaatkan kupu-kupu sebagai barang hiasan.

3.       Di mana kupu-kupu hidup? Jelaskan.

Kupu-kupu hidup di dataran tinggi dan di dataran rendah atau di daerah yang bayak terdapat tanaman berbunga.

 

Ternyata jenis kupu-kupu sangat beragam ya. Maka dari itu kita harus terus menjaga dan melindungi kupu-kupu agar jenisnya tidak berkurang dan akan terus bertambah jumlahnya dan tidak menutup kemungkinan nanti suatu hari akan ditemukan kupu-kupu jenis baru.

Semoga bermanfaat ya..