Kunci Jawaban "Tempat Tinggal Tanaman Teh"


Perhatikanlah lingkungan tempat tinggal mu!

Dimanakah kalian tinggal? Di daerah pegunungan, pantai, dataran rendah, pedesaan, atau perkotaan?

Jenis tumbuhan apa saja yang hidup di daerah tempat tinggal mu?

Lalu, pekerjaan apa yang dikerjakan masyarakat di daerah tempat tinggalmu?

Setiap wilayah memiliki bentuk dataran yang berbeda, jenis tumbuhan yang berbeda, serta perkerjaan masyarakatnya juga akan berbeda tergantung dengan sumber daya alam yang ada. Untuk memahami, ayo kita pelajari.

Ayo Membaca!

Ketika liburan tiba, Lani mengunjungi kakeknya. Kakek Lani tinggal di daerah pegunungan. Udara di sana terasa sejuk, berbeda dengan udara di tempat tinggal Lani. Setiap pagi, Lani tidak pernah bosan menemani kakeknya berjalan pagi. Tempat tinggal Kakek Lani dekat perkebunan teh. Kakeknya sering mengajak Lani berjalan-jalan mengitari perkebunan teh.

Lani diberitahu oleh kakeknya bahwa teh merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah berudara sejuk.

 

Tempat Hidup Tanaman Teh

Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Di Indonesia tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan yang berudara sejuk. Teh merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan suhu antara 14°–25°C, yang cukup mendapat curah hujan karena tanaman teh tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat dibutuhkan untuk menjaga perakaran tanaman teh.

Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Kedua pulau tersebut sangat mendukung pertumbuhan teh karena tanahnya sangat subur. Beberapa daerah perkebunan teh di Pulau Jawa antara lain Ciwidey dan Bogor (Jawa Barat), Brebes dan Wonosobo (Jawa Tengah), dan Malang (Jawa Timur). Adapun perkebunan teh di Pulau Sumatera antara lain di Simalungan (Sumatera Utara) dan Kerinci (Jambi).

Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Jadi, selain berfungsi sebagai bahan minuman, teh juga berfungsi untuk menjaga lingkungan.

 

Setelah membaca teks di atas, Lani semakin paham. Tak heran pohon teh di kebun dekat rumah kakeknya tumbuh subur. Iklim di sana memang sangat mendukung untuk tumbuh kembang tananam teh.

Jawablah pertanyaan berikut!

1.       Di mana tanaman teh dapat tumbuh dengan baik?

Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu antara 14°–25°C, dan yang cukup mendapat curah hujan.

2.       Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi?

Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.

3.       Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar-besaran?

Tanaman teh yang di konsumsi terus-menerus dan secara besarbesaran akan terganggu kelestariannya.

4.       Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?

· Dalam melakukan budidaya teh, tanaman teh harus bebas dari gulma dan dilakukan pemangkasan secara teratur agar tanaman tidak terserang penyakit

·    Pengolahan tanah perlu diperhatikan dengan mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih, serta mematikan gulma yang masih tumbuh

·    Dalam proses penanaman hal-hal yang harus diperhatikan adalah penentuan jarak tanam yang tepat, pengairan yang baik pembuatan lubang tanam teknik penanaman yang benar, dan penanaman tanaman pelindung yang diperlukan

5.       Apa yang dapat kamu lakukan agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur?

Hal-hal yang dapat dilakukan agar tanah menjadi subur adalah dengan memberikan pupuk secara teratur, membuat saluran irigrasi, membuat sengkedan untuk mencegah erosi, dan memelihara cacing untuk membantu menggemburkan tanah

 

Setiap tanaman yang kita konsumsi harus dijaga kelestariannya. Begitu juga tanah yang ditanaminya. Tanaman dan tanah adalah sumber daya alam yang harus kita jaga keberadaannya. Penggunaan yang berlebihan akan merugikan kita.

Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.


 

Ayo Menulis!

Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!

Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh, dan pengemas teh.

1.       Penanam teh bertugas menanam tanaman teh ketika perkebunan mulai ditanami.

2.       Pemetik teh bertugas memetik teh yang ada di kebun teh

3.       Pengolah teh bertugas mengolah teh di dalam pabrik

4.       Pengemas teh bertugas memasukan teh kedalam kemasan yang siap untuk dijual.

Apa yang kamu ketahui tentang jenis pekerjaan di sekitarmu? Bandingkan temuanmu dengan informasi yang dimiliki temanmu!

Tulislah hasilnya dalam diagram Venn. Diagram Vennmu harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan pekerja.

Kembangkan diagram Vennmu dalam bentuk tulisan!

1.       Penanam Teh

Penanam teh bekerja diperkebunan yang bersuhu sejuk karena tanaman teh dapat hidup dengan baik pada suhu yang sejuk. Mereka bekerja menanam teh, memelihara teh, dan memetik daun teh. Pekerjaan yang mereka lakukan menghasilkan daun teh yang berkualitas dan nantinya akan dimasukkan pada kemasan siap jual. Dampak dari pekerjaan mereka adalah kita dapat menikmati daun teh dalam bentuk kemasan yang praktis.

2.       Penjahit Pakaian

Penjahit pakaian bekerja dimana saja, dimana ada manusia tinggal disitu pasti ada penjahit pakaian. Mereka bekerja mengolah kain menjadi pakaian dengan cara menjahitnya. Pekerjaan mereka menghasilkan pakaian-pakaian yang siap untuk digunakan kita dalam kehidupan sehari-hari. Dampak dari pekerjaan mereka adalah kita dapat menggunakan pakaian untuk menutupi tubuh dari panasnya sengatan matahari dan dinginnya udara.

 

Setiap pekerjaan yang dilakukan masyarakat disesuaikan dengan dimana mereka tinggal dan sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut. Seperti petani teh, mereka tinggal di daerah pegunungan sehingga mereka menanam tanaman yang sesuai dengan kondisi daerah tersebut. Berkat petani teh kita bisa menimati daun teh dalam bentuk kemasan yang praktis. Sedangkan untuk penjahit pakaian mereka bisa bekerja dimana saja. Untuk melakukan pekerjaannya penjahit pakaian akan mencari tempat yang sekiranya mereka dapat mudah untuk mencari bahan pakaian untuk dijahit. Karena penjahit pakaian inilah kita bisa menggunakan pakaian yang kita pakai sekarang.

Semoga bermanfaat ya.