Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Topologi Star Menggunakan Cisco Packet Tracer

Topologi-Star

Assalamualaikum


Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membagikan cara membuat topologi ring menggunakan cicso packet tracer, kali ini saya akan membagikan cara membuat topologi star menggunaknan cisco packet tracer. Apa yang dimaksud dengan Topologi Star?

Topologi Star adalah cara menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih dengan bentuk jaringan seperti bintang(star), dimana topologi dihubungkan oleh sebuah node tengah ke pengguna / perangkat lainnya.

Sebelumnya apakah kalian sudah mengetahui Software Cicso Packet Tracer? Cisco Packet Tracer adalah software simulator alat alat jaringan Cisco yang digunakan sebagai media pembelajaran pelatihan mengenai simulasi jaringan komputer. Software ini dibuat oleh Cicso System yang bebas di unduh oleh semua orang yang ingin belajar mengenai prinsip Jaringan Komputer dan menbangun skill dalam menggunakan alat-alat Cisco.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Topologi Star : 

Kelebihan : 

1. Jika terjadi kerusakan di salah satu client tidak akan mempengaruhi client lain.
2. Kecepatan jaringan sama besarnya antar masing-masing client dengan server pusat.
3. Mudah dilakukannya maintenance.
4. Keamanan data yang tinggi.
5. Dalam hal pemasangan dan pengelolaan lebih mudah dilihat dari segi fungsionalitas.
6. Pada saat pemasangan atau menggantikan node yang baru,tidak akan mengganggu node yang lain.
Kekurangan : 

1. Biaya dalam pembuatan topologi star sangat mahal, karena membutuhkannya banyak kabel.
2. Jika Hub / Switch mengalami kerusakan maka dapat mengakibatkan terjadi kelumpuhan jaringan.
3.Jumlah terminal yang digunakan terbatas,tergantung jumlah pada Hub atau Switch yang digunakan.
4. Kinerja jaringan pada Topologi Star tergantung pada Hub, apabila server lambat akan menyebabkan seluruh jaringan menjadi lambat.

Setelah kalian mengetahui Pengertian,kelebihan dan kekurangannya. Sekarang kita akan membuat Topologi Star menggunakan Cisco Packet Tracer. Langsung saja simak baik-baik :

1. Kalian buka software Cisco Packet Tracer. Tampilan awal akan terlihat seperti pada gambar


Tampilan-Awal-Cicso-Packet-Tracer


2. Untuk pembuatan Topologi Star, kalian harus menyiapkan PC / Laptop dan Hub / Switch. Di bagian bawah kiri terlihat ada gambar PC, klik pada bagian tersebut kemudian drag ke tengah-tengah.

Cara-Mengambil-PC-di-Cisco-Packet-Tracer


3. Untuk menambahkan Switch kalian cari di bagian kiri terlihat pada gambar, ada yang diberi kotak merah kalian dapat memilih menggunakan Switch / Hub klik pada bagian itu. Kemudian drag gambar Switch / Hub ke tengah-tengah.

Cara-Mengambil-Hub-Switch-di-Cicso-Packet-Tracer


4. Selanjutnya, kita ambil 1 Hub / Switch dan 5 PC / Laptop. Untuk penempatannya seperti pada gambar.

Topologi-Star-Tanpa-Kabel


5. Untuk pemberian kabel saya menggunakan Copper Straight-Through


Kabel-Coppper-Straight-Trought




Hasilnya akan seperti, setelah itu lanjut untuk pemberian IP di masing-masing komputer agar bisa terhubung satu sama lain. Saya akan menggunakan ( IP 192.168.10.1 - 192.168.10.5 ).

Topologi-Star-Memakai-Kabel

Untuk masuk ke pengaturan ini kalian klik pada bagian PC, kemudian dibagian menu ada tulisan dekstop lalu klik di bilah kiri IP Configuration maka kalian akan masuk ke format ini. Lakukan ini ke komputer lainnya,

IP-Konfigurasi



7. Setelah pemberian IP pada komputer selesai, kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah berhasil atau tidak, kalian dapat mengeceknya di Command Prompt yang sudah disediakan di Software Cisco Packet Tracernya.

Ping-Menggunakan-CMD


Penutup


Cicso Packet Tracer sangat mudah untuk digunakan bukan? kalian dapat terus berlatih mengenai Jaringan Komputer dan belajar menggunakan alat-alat Cisco lainnya. Terimakasih sudah berkunjung ke Pemulakuy, apabila artikel ini bermanfaat kalian dapat share di bawah.

Wassaalamualaikum

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Topologi Star Menggunakan Cisco Packet Tracer"