Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Laporan Percobaan Baterai Jeruk Nipis

 

Setiap hari kita memanfaatkan energi istrik untuk memenuhi kebutuhan harian. Mulai dari menggunakan rice cooker untuk memasak, mesin cuci untuk mencuci baju, lampu untuk penerangan dalam belajar, sampai kipas angin ketika udara panas. Semua kegiatan tersebut menggunakan energi listrik. Tetapi sebagai warga negara yang baik kita mempunyai kewajiban untuk mengehemat penggunaan listrik sebagai wujud pengehematan sumber daya alam. Lalu, apakah ada energi pengganti untuk energi listrik?

Ya, kita bisa menggunakan beberapa buah yang bisa dijadikan energi alternatif. Buah apa sajakah itu?

Selain bermanfaat untuk dikonsumsi, jeruk, apel, dan kentang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif.

Pada gambar tampak tiga potongan jeruk, apel dan kentang. Siapkan lima potong kabel (kawat) dengan masing-masing panjang ± 10 cm, satu bola lampu senter, penjepit buaya, seng, dan tembaga. Bisa kamu dapatkan dari baterai bekas. Kamu bisa menggunakan koin logam berwarna kuning dan putih sebagai pengganti seng dan tembaga.

Amatilah gambar berikut. Ikutilah kegiatan yang ada pada gambar sampai lampu menyala. Diskusikan dengan temanmu bagaimana caranya agar lampu menyala.


Apabila percobaanmu belum berhasil, Tambahkan rangkaian potongan buah, hingga lampu berhasil menyala. Perhatikan juga ketepatan dalam membuat rangkaian.

 

Tulislah hasil percobaanmu kedalam tabel berikut.


Laporan Percobaan Baterai Jeruk Nipis

Nama percobaan

:

Percobaan Baterai Jeruk Nipis

 

Tujuan percobaan

:

Membuktikan bahwa jeruk nipis sebagai sumber energi alternatif


Alat-alat yang dibutuhkan

:

  • Buah jeruk nipis
  • Kabel
  • Seng dan Tembaga (uang logam 500)
  • Lampu LED
  • Jepitan

 

Langkah kerja

:

  1. Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan percobaan.
  2. Setiap jeruk ditusuk paku seng,yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk.
  3. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel langsung di tusukkan kedalam jeruk.
  4. Hubungkan dengan lampu LED.
  5. Amati, apakah lampu menyala atau tidak

 

Hasil percobaan

:

Setelah dilakukan percobaan ternyata lampu LED dapat menyala. Energi listrik dihasilkan dari air asam jeruk nipis, dimana kutub positif terletak pada pangkal atas jeruk yang di tancapkan. Sedangkan kutub negatif dibagian yang lainya.

 

Kesimpulan

:

Dari percobaan tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa jeruk nipis dapat mengalirkan arus listrik. Dari hasil percobaan yang saya lakukan buah jeruk nipis dapat menyalakan lampu setelah dihubungkan secara seri.

 


Kamu sudah melakukan percobaan tentang energi alternatif bersama teman-temanmu. Sekarang tulislah petunjuk bagaimana cara melakukan percobaan yang sudah kamu lakukan.

  1. Siapkan semua bahan dan alat untuk melakukan percobaan.
  2. Setiap jeruk ditusuk paku seng, yang berfungsi sebagai kutub negatif (-),dan satu lempeng tembaga (uang logam 500) yang berfungsi sebagai kutub positif (+), dalam satu belahan yang sama pada jeruk
  3. Lempeng seng pada jeruk yang satu dihubungkn dengan lempeng tembaga pada jeruk yang lain melalui kabel kecil atau kabel langsung ditusukkan kedalam jeruk.
  4. Hubungkan dengan lampu LED.
  5. Amati, apakah lampu menyala atau tidak

Jadi, bagaimana hasi dari percobaan kalian?

Kesimpulan dari percobaan diatas adalah jeruk nipis dapat mengalirkan arus listrik. Ketika jeruk nipis dihubungkan secara seri, jeruk nipis dapat menyalalakan lampu LED.

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Laporan Percobaan Baterai Jeruk Nipis"