Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peta Pikiran Cara Mengolah Sampah

 

Sampah secara garis besar dapat dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai seperti sisa makanan, kertas, kardus, dan sebagainya. Sedangkan sampah anorganik adalah sampah yang sulit untuk diuraikan seperti plastik, kaca, kaleng, logam, dan sebagainya. Sampah organik daat dimanfaatkan kembali menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah anorganik dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang kerajinan. 

Pekerjaan ibu temanku adalah pengrajin cendera mata dari barang-barang bekas. Barang-barang bekas dapat dimanfaatkan lagi yang nantinya akan menambah nilai jual dari barang tersebut. Selain itu pemanfaatan barang bekas dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan. Ingin tahu lebih lanjut tentang pekerjaan itu?

 

Ayo Membaca!

Pekerjaan ibuku adalah pengrajin cendera mata. Barang yang diciptakannya sangatlah unik, karena dibuat dari barang-barang bekas. Cenderamata yang dihasilkan oleh ibuku adalah tempat tisu dan gantungan kunci.

Memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai merupakan pekerjaan yang mulia. Di samping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan.

1.       Apa produk yang dihasilkan ibu tersebut?

Cendera mata dari barang-barang bekas

2.       Mengapa kita perlu memanfaatkan barang bekas?

Pemanfaatan barang bekas dapat mengurangi pencemaran lingkungan, dapat menampah nilai jual barang, dan untuk menghemat sumber daya alam

3.       Sikap apa yang bisa dicontoh dari pengrajin barang bekas?

Sikap peduli lingkungan dan sikap peduli pelestarian sumber daya alam

Seorang pengrajin barang bekas, mengolah barang bekas atau sampah menjadi benda yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Selain itu, pekerjaan ini juga mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar kita.

 

Ayo Berdiskusi!

Bacalah teks berikut dalam hati. Tahukah kamu cara lain pengolahan sampah?

Mengolah sampah bisa kita lakukan dengan berbagai cara.

  1. Cara yang pertama, kita bisa mengurangi pemakaiannya. Istilah ini dikenal dengan nama reduce (mengurangi). Sebisa mungkin kita kurangi penggunaan kemasan barang. Semakin banyak kita menggunakan kemasan barang, semakin banyak sampah yang dihasilkan.
  2. Cara yang kedua, kita bisa memakai kembali. Istilah ini dikenal dengan reuse (memakai kembali). Sebisa mungkin pilihlah barang-barang yang bisa dipakai kembali. Hindari pemakaian barang-barang yang disposable (sekali pakai). Hal itu dapat memperpanjang waktu pemakaian barang sebelum ia menjadi sampah.
  3. Cara yang ketiga, kita bisa mendaur ulang. Istilah ini dikenal dengan recycle (mendaur ulang). Sebisa mungkin, barang-barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Tidak semua barang bisa didaur ulang, namun saat ini sudah banyak industri yang memanfaatkan sampah menjadi barang lain.
  4. Cara yang keempat, kita bisa mengganti ulang. Istilah ini dikenal dengan replace (mengganti). Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barangbarang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang lebih tahan lama. Telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, misalnya ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja.

Buatlah peta pikiran berdasarkan teks tadi!



Mengolah sampah termasuk kegiatan melestarikan sumber daya alam karena kita menggunakan barang-barang bekas. Perhatikanlah lingkunganmu!

Tulislah sebanyak-banyaknya kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan sampah.

1.       Membuat kertas daur ulang

2.       Membuat kerajinan dari kaleng bekas

3.       Memakai botol bekas sebagai pot bunga

4.       Membuat pupuk kompos dari sisa bahan makanan

 

Carilah barang-barang bekas di sekitar rumah mu, keudian buatlah kerajinan dari barang-barang tersebut. Ingat ya, jangan mudah membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai karena mungkin kamu bisa mengubahnya menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali. Selamat mencoba...

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Peta Pikiran Cara Mengolah Sampah"