Membuat Poster Ajakan Hemat Energi

 

Poster merupakan salah satu media yang banyak digunakan masyarakat untuk memperkenalkan sesuatu, memberikan informasi, bahkan ajakan untuk melakukan suatu kegiatan. Poster efektif digunakan karena selain memiliki gambar yang menarik, dalam poster juga biasanya berisi kalimat yang unik dan menarik. 

Pernahkan kalian melihat poster?

Poster biasanya ditempel pada tempat-tempat umum dan ramai, agar banyak orang melihatnya. Sekarang banyak poster digunakan untuk memberikan informasi dan anjuran kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan pelestarian sumber daya alam. Gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh poster dengan ajakan untuk menghemat energi.


Salah satu usaha pelestarian sumber daya alam adalah dengan melakukan penghematan. Misalnya, penghematan dalam penggunaan energi. Hemat energi berarti hemat seperlunya saja. Energi yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, gunakan energi sehemat mungkin. Secara otomatis jika kita hemat menggunakan energi, kita akan menghemat biaya.

Contoh energi yang perlu kita hemat penggunaannya adalah listrik. Listrik adalah energi yang tidak dapat dilihat, namun dapat kita rasakan manfaatnya. Listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia karena pada masa sekarang ini listrik berperan dalam membantu berbagai aktivitas manusia sehari-hari.

Untuk mendapatkan listrik manusia harus bersusah payah membuat berbagai macam pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTS, dan PLTU. Masing-masing pembangkit ini memerlukan biaya yang sangat besar dalam pembangunannya. Oleh karena itu, kita harus berhemat dalam menggunakan listrik.

Keberadaan listrik juga memakan biaya yang sangat tinggi. Kita harus membayar biaya pemasangan listrik di rumah dan harus membayar pajak penggunaannya disetiap bulan. Semakin boros menggunakan listrik dibayar maka akan semakin besar pula pajak yang harus biaya. Gunakan energi yang ada dengan sehemat mungkin. 

Poster menjadi salah satu usaha untuk mengingatkan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mau hemat energi.


Berikut beberapa contoh poster:

Membuat Poster Hemat energi

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuanmu mengenai usaha-usaha melestarikan sumber daya alam. Buatlah poster yang menarik dan mudah dipahami. Berikut langkah kegiatannya.

Langkah Kegiatan:

1.       Menyiapkan kertas, bolpoin, gunting, pensil warna, dan penghapus.

2.       Menyiapkan materi ajakan berhemat energi.

3.       Membuat gambar dan menuangkan materi pada kertas poster.

4.       Menukarkan dengan poster milik teman.


Nah, setelah mengetahui langkah-langkah membuat poster, kalian bisa mempraktikkannya di kelas bersama teman-teman dengan bimbingan guru. Kalian bisa membuat poster dengan tema yang berbeda-beda. Misanya, ajakan tidak membuang sampah sembarangan, ajakan memilah sampah organik dan anorganik, ajakan menanam tanaman hijau disekitar tempat tinggal, dan sebagainya. Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat ya..