Tips Persiapan FLS2N Cabang Pantomim


Event tahunan di sekolah khususnya Sekolah Dasar salah satunya adalah FLS2N, Cabang yang dilombakan dalam event ini seperti lomba gambar bercerita,pantomim, menganyam dengan bahan baku dari bahan daur ulang, mendongeng, bernyanyi.

Tips Persiapan FLS2N Cabang Pantomim
sumber gambar : gurune.net

Bagi guru kelas V di tingkat Sekolah Dasar merupakan agenda rutin yang benar - benar harus dipersiapkan dengan matang jika menginginkan prestasi untuk anak didiknya.

Akan tetapi banyak juga yang mengalami kendala saat proses pembinaan, salah satu kendala yang sering dialami adalah kemampuan menguasai semua bidang, yap semua itu tidak dipelajari saat kuliah,tapi disaat masuk dunia kerja harus mau tidak mau dipelajari dan dikuasai.
Bagi sebagian sekolah dengan jumlah murid yang banyak, alokasi dana untuk kegiatan ini tinggi justru banyak yang mengambil pelatih khusus yang mumpuni, mereka para profesional di bidangnya.

Tapi itu semua membutuhkan dana yang cukup tinggi, jika sekolah - sekolah kecil ingin mengikuti jejak seperti sekolah - sekolah besar seperti tadi maka tidak akan mampu.

Solusinya apa?

Solusinya kembali ke pembahasan awal, mau tidak mau guru harus mempelajari itu semua.

Ada pengalaman menarik yang ingin saya tulis untuk pembinaan ini,dan telah saya buktikan, Alhamdulillah mampu menyaingi SD besar di kota kami,sebagian siswa kami mampu berprestasi dibeberapa bidang di ajang FLS2N tingkat kab/kota.

Caranya mudah, tahun pertama kita konsen mempelajari satu bidang, awal mula membidik lomba ini saya hanya fokus pada pantomim.

Banyak berkorban waktu dan tenaga disini, bagaimana tidak, yang harusnya digunakan untuk istirahat siang malam setelah mengajar hanya konsen mempelajari pantomim.

Awalnya saya pelajari teknik dasar pantomim dari para pakar pantomim dinegeri ini seperti mas Rian, gampangjo liat aja akun YouTube nya banyak tutorial disana tentang pantomim,tidak hanya itu saya lihat semua peragaan pantomim, dan banyak juga melihat referensi pantomim dari para juara nasional, disinilah mulai saya pelajari gerakan mimik,dan gerakan tubuh. Ternyata banyak yang harus dipahami.

Gerakan pantomim berbeda dengan gerakan tari,gerakan pantomim lebih ke arah slow motion.

Saya pernah lihat gerakan pantomim " si Chaplin " sama " Mr Bean " beda lagi, dia lebih kearah pantomim lucu,gerakannya biasa tidak terlalu slow motion tapi lebih fokus kepada kepaduan dengan musiknya.

Tapi jika lihat peragaan lain,misal teknik gerakan robot juga berbeda lagi,dari sini saya pilah - pilah,ternyata dalam pementasan ya kita harus menyesuaikan dengan tema yang akan diusung.

Berikutnya setelah dirasa sudah cukup paham,baru kita fokus ke musik,yap..musik termasuk faktor utama dalam pantomim,bagaimana caranya membangun sebuah momen yang pas dengan musik,kita pelajari jenis - jenis musiknya, rata - rata musik yang dipakai adalah backsound yang terpotong - potong, selain jenis backsound ada juga jenis instrumen seperti siulan, suara burung, suara benda jatuh,dan semua ternyata sudah tersedia di Google.

Tapi ada proses berikutnya yang justru membawa kita ke arah mempelajari editing audio.

Kucari informasi kutemukan aplikasi yang cocok, ku pakai audiocity, aplikasi mungil yang sudah terbilang mudah dipelajari dan sangat pas untuk editing sekelas pantomim skala event FLS2N di tingkat SD.

Kucari tutorial edit audiocity, banyak juga di YouTube.
Nah setelah tahap ini bisa, mencoba membuat satu rangkaian musik pantomim sendiri, kita ambil instrumen free di google kita susun, Oya faktor rasa sangat penting nantinya, sebelum menyusun musik buatlah skenario pantomim,mau memperagakan apa,waktu berapa menit, tulis skenario tersebut sebagai panduan dalam editing di audiocity, setelah selesai kita susun,kita coba masuk ke aplikasi kita buat susunan musiknya.

Terahir kita coba sendiri gerakannya sebelum diajarkan ke siswa.

Merombak gerakan bisa kita lakukan sambil berjalan saat latihan.

Oya pantomim butuh latihan yang intens,maka cari anak yang memiliki kemauan tinggi di lomba ini dan mempunyai fisik yang bagus, artinya tidak cepat lelah,sebab sangat melelahkan ternyata,buktikan saja,gerakan semi kaku seakan kita sedang senam hehe..

Berikan musik yang sudah fix untuk persiapan lomba serahkan keanak agar dirumah dia bisa terus mendengar dan berlatih sendiri dirumah.

Ok itu dulu sob..persiapan FLS2N Cabang pantomim

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel