Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Nominal PIP Per Siswa SD, SMP dan SMA

 Artikelguru.my.id - Satu hal yang sering ditanyakan oleh orang tua dan masyarakat secara umum yaitu. Berapa jumlah nominal yang didapat anak saya saat memperoleh uang PIP di SD, SMP dan SMA atau SMK. Pertanyaan ini kerap muncul di masyarakat. Untuk itu artikel guru akan ulas disini tentang PIP. 



Apa si Program Indonesia Pintar (PIP )

sobat argur kali ini kita akan bahas seputar PIP, apa si sebetulnya PIP?

Pengertian PIP

PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Pengertian PIP Dikdasmen

PIP Dikdasmen adalah Program Indonesia Pintar yang diperuntukkan bagi anak berusia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai dengan tamat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Tujuan PIP Menurut Pip.kemdikbud

Menurut situs pip.kemdikbud PIP memiliki 3 tujuan lho sob.

3 Tujuan PIP bagi pendidikan dasar dan pendidikan menengah

  1. Meningkatkan akses bagi anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 21 (dua puluh satu) tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 (dua belas)
    tahun;
  2. Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi;
  3. Menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah, sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus dan pelatihan, satuan pendidikan nonformal lainnya, atau balai latihan kerja;

Ok tau kan tujuan PIP, yang jelas tujuanya semua fokus ke pendidikan, buka untuk beli perlengkapan dandan emak, beli gamis emaknya dan lainya.

Anak yang termasuk dalam prioritas sasaran dapat diusulkan oleh sekolah, sanggar kegiatan belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, lembaga kursus, lembaga pelatihan, atau pemangku kepentingan.

Besaran Jumlah Uang PIP Tiap Siswa

Banyak yang tanya sebetulnya, Berapa Banyak Jumlah Dana PIP Persiswa ? Berikut jumlah nominasi yang diterima oleh peserta didik dari berbagai jenjang yang mendapatkan PIP.

Jumalah Dana PIP SD

Dana PIP atau sering disebut Dana manfaat PIP untuk Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp 450.000,-/tahun.

Jumlah Dana PIP SMP

Dana PIP untuk Peserta Didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,00/tahun.

Jumlah Dana PIP SMA/SMK

Dana PIP untuk Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Juknis PIP SD SMP SMA dan SMK Tahun 2020/2021

Untuk yang ingin melihat juknis PIP SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2020/2021 bisa cek dibawah ini.

Artikel ini juga tayang sdonline.id sob dengan judul 5 Trilyun Rupiah Dana PIP Telah di Cairkan Pemerintah Selama 2020

Posting Komentar untuk "Jumlah Nominal PIP Per Siswa SD, SMP dan SMA"