Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingkai Foto dari Barang Bekas

 

Kita sangat tergantung terhadap keberadaan sumber energi dalam kehidupan kita. Hampir tidak ada kegiatan yang kita lakukan tidak memanfaatkan sumber energi. Untuk itu sudah sepatutnya kita menghemat penggunaan energi. Kesadaran untuk berhemat energi harus dimulai dari diri sendiri dan sejak dini. Pelaksanaannya dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah kesadaran dalam diri tumbuh dan perilaku kita sudah mencerminkan berhemat energi, mulailah kita mengajak orang lain untuk berhemat energi. Hal tersebut dapat dimulai dengan mengajak anggota keluarga, teman-teman, hingga kepada masyarakat luas. Salah satu caranya dengan membuat poster hemat energi.

Amatilah poster hemat energi berikut.



Salah satu cara untuk melakukan penghematan energi adalah memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Ayo kita manfaatkan bersama barang-barang bekas.

Sekarang kamu akan berkreasi dengan barang-barang bekas. Hal itu digunakan untuk memanfaatkan barang bekas atau yang sudah tidak terpakai sehingga mempunyai nilai jual lebih tinggi. Kamu dapat membuat pigura foto dari kardus, lampion dari botol plastik bekas, bunga dari sedotan, atau hiasan dari kain perca! Banyak sekali idenya, bukan?

Poster dari bahan bekas

1.       Buatlah poster hemat energi dari bahan bekas.

2.       Tulislah slogan hemat energi pada kertas kardus bekas.

3.       Buatlah yang menarik.


Bingkai Poster dari bahan bekas

Cobalah membuat bingkai foto dengan mengikuti langkah–langkah berikut!

Prosedur dalam pembuatan bingkai foto sebagai berikut.

Bahan:

Kardus bekas

Peralatan:

1.       Gunting

2.       Penggaris

3.       Pensil

4.       Lem

5.       Plastik mika

6.       Kertas kado bekas atau kertas lain sesuai selera

Cara membuat:

1.       Buatlah pola bingkai foto sesuai ukuran foto yang diinginkan.

2.       Gunting kardus sesuai pola yang telah dibuat.

3.       Lapisi kardus dengan kertas kado. Gunakan lem untuk menempelkannya.

4.       Pasang plastik mika sesuai ukuran pola bingkai foto.

5.       Gabungkan kedua lembar kardus bagian depan dan bagian belakang dengan lem.

6.       Pasangkan penyangga foto di bagian belakang bingkai.

 

Itulah bahan dan cara membuat bingkai foto/poster dari barang-barang yang sudah tidak terpakai. Kalian juga bisa membuatnya dirumah dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Selamat mencoba..


Kalian sudah membuat poster hemat energi dan membingkainya dengan bingkai yang terbuat dari barang-barang bekas, itu salah satu cara memanfaatkan barang-barang bekas agar tidak merusak lingkungan. 

Tahukah kalian bahwa kalian dapat menghemat pemakaian sumber energi dengan berjalan kaki?

Ya, hanya dengan berjalan kaki kalian sudah dapat menghemat pemakaian sumber energi. Kenapa?

Karena ketika kalian menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor, angkutan umum, bis, dan lainnya yang menggunakan bahan bakar minyak yang tidak dapat diperbarui akan semakin banyak bahan bakar minyak yang digunakan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya.

 

Bijaklah Bermotor

Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia. Motor memiliki harga yang murah dan praktis digunakan dibandingkan dengan alat atau moda transportasi lainnya. Dengan sepeda motor, orang mudah berpergian. Selain mudah bepergian, waktu tempuh pun juga akan semakin cepat. Dengan sepeda motor, orang pun juga akan mudah melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain.

Namun, di sisi lain, sepeda motor juga memiliki pengaruh terhadap lingkungan. Sepeda motor digerakkan dengan mesin yang berbahan bakar minyak, yakni berupa bensin. Bensin merupakan bahan bakar hasil pengolahan minyak bumi melalui proses pengeboran dan pemurnian. Semakin jauh jarak yang ditempuh sepeda motor, semakin banyak pula bensin yang digunakan. Coba bayangkan, jika setiap orang di dunia ini memakai sepeda motor setiap harinya dan menempuh jarak jauh, berapakah bensin yang digunakan? Berapa banyak cadangan minyak bumi yang terkuras? Tentunya sangat banyak kebutuhan bensinnya.

Penggunaan bahan bakar minyak seperti sepeda motor yang tidak terkendali juga menyebabkan polusi udara dan bisa memicu pemanasan global. Jika sudah demikian, kehidupan manusia pun akan terpengaruh, seperti udara tidak lagi sehat dan bersih, iklim tidak menentu, dan meningkatnya suhu bumi.

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut:

Jelaskan hubungan sepeda motor dengan lingkungan!

Sepeda motor merugikan lingkungan sekitar karena gas pembuangan pada sepeda motor banyak mengandung karbon monoksida, karbon dioksida, tibal, dank abut karbon. Kandungan dari gas buang sisa pembakaran pada sepeda motor tersebut menyebabkan polusi udara dan apabila sampai terhirup oleh manusia dengan tempo yang lama akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

 

Bacalah bacaan di atas dengan saksama! Buatlah beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang sesuai, lalu tuliskanlah pada Kartu Tanya di bawah ini!


Bekerjalah di dalam kelompok piketmu! Diskusikanlah kartu-kartu Tanya milik anggota kelompokmu, lalu cobalah untuk mencari jawaban. Tandailah beberapa kartu tanya yang memuat pertanyaan yang tidak dapat kamu jawab di dalam kelompokmu. Pertanyaan itu akan didiskusikan di dalam kelas bersama teman-temanmu lainnya! Catatlah hasil diskusi kelompok dan diskusi kelas di dalam buku catatanmu.