Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gaya Otot yang Diguakan dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Kamu pasti sudah tahu kan jika Indonesia memiliki ribuan suku bangsa. Dalam setiap suku bangsa pasti memiliki kebiasaan serta cara hidup yang berbeda dibandingkan suku yang lain. Salah satu contoh perbedaan cara hidup adalah transportasi. Pada zaman dahulu, alat transportasi menggunakan tenaga hewan seperti gambar-gambar berikut.


Perhatikan lagi gambar bendi, pedati sapi, dan pedat kerbau. Dapatkah kamu meilhat persamaan dari ketiga alat transportasi trasidisional tersebut? Ada banya persamaan, salah satunya adalah ketiga alat transportasi tersebut menggunakan binatang yang sama-sama menarik beban berupa bendi atau pedati. 

Apa yang terjadi saat kuda menarik bendi?

Saat kuda menarik bendi maka bendi akan bergerak mengikuti arah kemana kaki kuda melangkah

Apa yang terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati?

Yang akan terjadi saat kerbau atau kuda menarik pedati adalah pedati tersebut akan bergerak sesuai arah kerbau atau kuda

 

Ayo Mencoba!

Lakukan kegiatan-kegiatan sederhana berikut.

  1. Dorong meja belajarmu pelan-pelan hingga bergeser sedikit, lalu tarik ke posisi semula.
  2. Angkat tas sekolahmu, lalu letakkan lagi ke posisi semula.
  3. Ambil selembar kertas tak terpakai, lalu lipat atau remaslah kertas tersebut.

 Dari kegiatan tersebut, isilah tabel berikut.

Kegiatan

Aktivitas yang Dilakukan

Hasil

1

Mendorong meja

Meja bergeser

Menarik meja

Meja bergeser

2

Mengangkat tas

Tas bergeser

Meletakkan tas

Tas bergeser

3

Melibat kertas

Bentuk kertas berubah

Meremas kertas

Bentuk kertas berubah

 

Aktivitas yang telah kamu lakukan terhadap meja sehingga bergeser disebut gaya. Aktivitas yang kamu lakukan terhadap tas sekolah yang kamu angkat disebut gaya. Aktivitas yang kamu lakukan terhadap kertas sehingga bentuknya berubah disebut gaya.

Apa yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk.

 

  • ΓΌ  Tugas

Tuliskan pada buku catatanmu, gaya apa yang telah kamu lakukan atau kamu lihat dari pagi sampai saat ini. Tulislah dengan menggunakan ejaan yang tepat. Kemudian, bacakan catatanmu di depan teman-teman dan gurumu.

 

Ayo Mengamati!

Kamu telah mengetahui pengertian gaya. Sekarang, perhatikan gambargambar berikut. Lalu, jawablah pertanyaan pada setiap gambar.

Gaya mempunyai banyak jenis sesuai dengan sumber yang melakukan gaya. Macam-macam gaya antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek.

Ayo Mengamati!

Perhatikan contoh kegiatan menggunakan gaya otot berikut.

Ayo Berdiskusi!

Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1.       Apa yang dimaksud gaya otot?

Gaya otot adalah gaya yang dilakukan oleh otot pada bagian tubuh

2.       Perhatikan gambar contoh-contoh gaya otot di depan. Apa pengaruh gaya otot terhadap benda yang dikenai gaya pada setiap gambar?

Gambar 1: pada permainan Tarik tambang, kekuatan tarikan dihasilkan dari adanya gaya otot yang bekerja pada tangan dan kaki. Dalam permainan Tarik tambang gaya otot berupa tarikan sangat berpengaruh terhadap kemenangan tim

Gambar 2: gaya otot yang digunakan pengrajin gerabah terletak pada bagian tangan dan kaki. Gaya otot ini digunakan untuk membuat bentuk gerabah sesuai dengan keinginan

Gambae 3: gaya otot yang digunakan terletak pada bagian tangan dan punggung. Gaya otot yang digunakan saat menggendong anak bertujuan agar kuat dalam mengangkat beban anak yang digendong

Gambar 4: gaya otot yang digunakan terdapat pada bagian tubuh kerbau. Tarikan yang dilakukan kerbau saat menarik pedati mengakibatkan pedati bergerak mengikuti arah kerbau


Kamu telah mengetahui salah satu jenis gaya, yaitu gaya otot. Salah satu contoh penggunaan gaya otot yaitu pada pembuatan gerabah. Pembuatan gerabah menggunakan gaya otot manusia untuk membentuk tanah liat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Kamu juga dapat mempraktikan gaya otot dengan mencoba membuat gerabah menggunakan tanah liat atau membuat mainan menggunakan lilin maianan.

Oke, semoga informasi mengenai gaya otot yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dapat bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Gaya Otot yang Diguakan dalam Kehidupan Sehari-hari"