Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Karnaval Mini di Siantang, Sebagai Edukasi Keragaman Suku Bangsa

 

Kegiatan karnaval merupakan salah satu cara mengedukasi masyarakat bahwa Indonesia memiliki banyak sekali keragaman. Dalam kegiatan karnaval ini, kita dapat menyaksikan berbagai macam kesenian, pakaian adat, bahkan keunikan dari tiap daerah akan berbeda-beda. Kegiatan karnaval biasanya diadakan untuk memperingati hari besar atau hari penting. Seperti kegiatan karnaval yang diadakan di Siantang, mari kita simak informasinya..


Karnaval Mini di Siantang


Pada tanggal 16 Agustus 2016 di Kabupaten Sintang, Kalimantan dilakukan karnaval untuk memperingati kemerdekaan RI. Karnaval diadakan di depan Pendopo Bupati Sintang. Karnaval itu diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di Kabupaten Sintang.

Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat. Karnaval ini diharapkan dapat meneguhkan kesadaran masyarakat bahwa di Indonesia ini terdapat keragaman suku bangsa. Keragaman itu terlihat dari kostum, atribut, dan lambang yang dikenakan para peserta karnaval.

Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini. Di Sintang tinggal masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan aneka bahasa dan budaya. Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengharapkan agar perbedaan yang ada menjadi suatu kekuatan bagi bangsa. Sikap saling menerima, saling menghormati, dan saling bekerja sama harus terus dikembangkan dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diwariskan oleh para pahlawan.

(Sumber: http://pontianak.tribunnews.com/2016/08/16/karnaval-mini-wujud-syukur-menikmati-kemerdekaan diunduh 15 September 2016)

ΓΌ  Tugas

Bacalah teks “Karnaval Mini di Sintang”.

1.       Tuliskan kata sulit pada teks, lalu carilah artinya.

No

Kata Sulit

Artinya

1

Karnaval

Pawai dalam rangka pesta perayaan (biasanya mengetengahkan bermacam corak hal yang menarik dari yang dirayakan itu)

2

Pendopo

Bangunan yang luas terbuka (tanpa batas atau sekat), terletak di bagian depan rumah, disediakan untuk pertemuan, rapat, peralatan, serta keperluan lain yang ada hubungannya dengan keperluan masyarakat

3

Budayawan

Orang yang berkecimpung dalam kebudayaan; ahli kebudayaan

4

Edukasi

Pendidikan

5

Kostum

Pakaian khusus (dapat pula merupakan pakaian seragam) bagi perseorangan, regu olahraga, rombongan, kesatuan, dan sebagainya dalam upacara, pertunjukan, dan sebagainya

6

Atribut

Tanda kelengkapan (berupa baret, lencana, dan sebagainya)

 

2.       Tuliskan gagasan pokok setiap paragraf pada teks “Karnaval Mini di Sintang”.

Gagasan pokok paragraf 1: Karnaval Mini di Sintang diikuti oleh 46 regu terdiri atas para pelajar dan budayawan di Kabupaten Sintang

Gagasan pokok paragraf 2: Karnaval mini ini merupakan upaya edukasi bagi masyarakat

Gagasan pokok paragraf 3: Kabupaten Sintang dapat dikatakan sebagai Indonesia mini

3.       Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari teks tersebut.

Di Sintang tinggal masyarakat yang terdiri atas berbagai suku bangsa dengan aneka bahasa dan budaya.

 

Karnaval yang diadakan di Kabupaten Siantang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa Indonesia memiliki keragaman suku bangsa dan dengan keanekaragaman yang ada diharapkan mereka saling menghormati dan menjaga agar semakin tercipta persatuan dan kesatua.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Karnaval Mini di Siantang, Sebagai Edukasi Keragaman Suku Bangsa"