Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Air Sebagai Pembangkit Listrik

 

Indonesia merupakan negara yang banyak dikaruniai sumber daya alam. Sumber daya energi merupakan salah satunya yang berupa minyak, gas, batu bara, dan masih banyak yang lainnya. Mari belajar sumber daya energi bersama Beni dan ayahnya!

Malam ini lingkungan tempat tinggal Beni gelap gulita. Hujan sejak sore disertai angin kencang dan petir. Petir menyambar gardu listrik di dekat rumah Beni. Akibatnya, saluran listrik di lingkungan tempat tinggal Beni terputus

Beni

:

Ayah, masih lama tidak ya mati lampunya?

Ayah Beni

:

Masih menunggu perbaikan gardu listrik, Beni.

Beni

:

Oh begitu. Dari manakah suplai listrik di rumah kita ini, ayah?

Ayah Beni

:

Suplai listrik rumah kita ini berasal dari gardu induk di Semarang.

Beni

:

Wah, jauh sekali.

Ayah Beni

:

Benar Beni, listrik termasuk sumber energi. Sumber-sumber energi yang dapat menghasilkan listrik contohnya tenaga air, uap, panas bumi, atau nuklir. Sumber-sumber energi tersebut diubah menjadi tenaga listrik di sebuah pembangkit listrik. Sumber energi listrik tersebut akan habis. Oleh karena itu, kita harus benar-benar bijak menggunakannya.


Salah satu sumber energi yang banyak digunakan di sekitar kita adalah listrik. Ayo kita cari tahu bagaimana listrik dihasilkan dan manfaatnya bagi kehidupan kita.

Amatilah gambar berikut.


 

Air dan Listrik

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaatan air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang ada di bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian system dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

1.       Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) mengubah energi gerak dari aliran air, seperti pada air terjun, waduk dan bendungan, menjadi energi listrik. PLTA menggunakan gerakan air dalam menggerakkan turbin generator. Turbin ini kemudian menghasilkan energi listrik melalui induksi elektromagnetik.

2.       Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?

Untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan agar bendungan dapat dijadikan sebagai tempat penempatan kincir air yang digerakkan oleh arus air sehingga gerak tersebut dapat menghasilkan energy listrik. Listrik yang dihasilkan dari kincir air dibendungan dapat dinaikkan atau diturunkan sesuai kebutuhan.

3.       Adakah pembangkit listrik tenaga air di daerahmu?

PLTA Ketenger di Melung, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

 

Dengan adanya PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, ketersediaan energi listrik ke rumah-rumah akan terpenuhi. Kita pun bisa memanfaatkannya untuk menghidupkan berbagai peralatan listrik yang memudahkan kegiatan kita sehari-hari seperti lampu, televisi, dan peralatan lainnya.

 

Ayo Berlatih

Perhatikan lampu yang ada di rumahmu!

Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan?

Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini!

Pendapatku

Ketika lampu dalam kondisi menyala dan sakelar lampu ditekan maka lampu akan mati, tetapi ketika lampu dalam kondisi mati dan sakelar lampu ditekan maka lampu akan menyala

 

Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.

Tuliskan peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.

No

Nama Peralatan

Kegunaan

1

Televisi

Media informasi dan hiburan

2

Mesin cuci

Pencuci pakaian

3

Mesin pompa air

Memompa air tanah untuk kebutuhan rumah tangga

4

Lampu

Alat penerangan

5

Setrika

Merapikan pakaian setelah dicuci

 

Liatrik merupakan salah satu sumber energi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tetapi sumber energi ini lama kelamaan akan semakin berkurang atau bahkan habis, oleh sebab itu kita harus bijak dalam menggunakannya. Kita tidak boleh boros dan menggunakannya secara berlebihan. Ingat ya, kamu mempunyai peran untuk ikut menghemat pemakaian listrik di rumah.

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Air Sebagai Pembangkit Listrik"