Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban "Hari Air Sedunia"

 

Air merupakan sumber daya alam dan sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita. Manusia sangat tergantung dengan keberadaan air karena air merupakan salah satu sumber daya alam dan energi yang dimanfaakan pada setiap kegiatan manusia, seperti pertanian, peternakan, perindustrian, dan lain sebagainya. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pentingnya peran air dalam kehidupan manusia, sehingga tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Mari, kita pelajari lebih lanjut mengenai Hari Air Sedunia bersama!

Hari Air Sedunia

Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan seharihari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.

1.       Menghemat penggunaan air.

2.       Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.

3.       Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Sumber: http://www.kidnesia.com/layout/set/print/Kidnesia/Dari-Nesi/Dari-Nesi/World-Water-Day

 

Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud air bersih? Mengapa air bersih penting bagi kehidupan? Apa saja yang mengganggu ketersediaan air bersih? Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan tentang hal berikut. Tulis kesimpulan pada kolom berikut.

Kebutuhan air bersih per orang per hari

Kebutuhan air bersih per orang per hari kurang lebih sebanyak 280 liter. Kebutuhan tersebut diantaranya untuk kebutuhan: air minum (10 liter), memasak (20 liter), kebersihan diri (30 liter), mencuci (40 liter), membersihkan rumah (50 liter), menumbuhkan bahan makanan untuk rumah tangga (60 liter), dan kebutuhan sanitasi (70 liter).

Hal-hal yang menyebabkan persedaiaan air bersih berkurang

Banyak pohon yang ditebang secara liar dan sembarangan, lahan hijau berubah menjadi permukiman, perkantoran, dan kawasan industri, penggunaan kendaraan bermotor yan berlebihan.

Akibat kekurangan air bersih

Kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari, kurangnya nutrisi pada tubuh, pencemaran pada tanah dan udara.

Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih

Menanam banyak pohon agar akar-akan pohon dapat menahan air dalam tanah, menghemat penggunaan air, membuang lubang resapan agar air dapat masuk dalam tanah.

 

Memanfaatkan air merupakan hak setiap warga masyarakat, namun melestarikan ketersediaan air bersih juga menjadi kewajiban setiap warga masyarakat.

Sekarang identifikasilah hak dan kewajiban setiap warga masyarakat terhadap air bersih yang merupakan salah satu sumber daya alam.

Ayo Bernyanyi

Menghemat penggunaan air bersih merupakan contoh perilaku yang menunjukkan rasa cinta terhadap lingkungan. Perwujudan rasa cinta lingkungan dapat dilakukan dengan banyak cara seperti pada lagu berikut.

 

Lagu "Aku Cinta Lingkungan" dinyanyikan sebagai perwujudan rasa cinta terhadap lingkungan. Lagu ini juga dapat dijadikan pengingat untuk terus menjaga lingkungan mulai dari lingkungan sekitar rumah.

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban "Hari Air Sedunia""