Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Akibat Tidak Melestariakn Sumber Daya Alam

 

Hutan merupakan salah satu sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Hutan merupakan penghasil oksigen terbesar dan sumber daya yang ada di hutan dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Apa jadinya jika pemanfaatan hutan dilakukan secara ilegal dan sembarangan. Lihatlah gambar dibawah ini!


Ayo Mengamati

Amatilah ilustrasi dua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

1.       Coba jelaskan perubahan lingkungan alam yang tampak pada gambar-gambar di atas!

Perubahan lingkungan yang terjadi adalah berkurangnya lahan hijau dimana akar dari pohon-pohon yang ada berfungsi untuk menyerap air. Ketika banyak pohon yang ditebang secara sembarangan maka daerah resapan air akan berkurang dan dapat menyebabkan banjir sera tanah longsor.

2.    Menurutmu, apa yang menjadi penyebab dan yang menjadi dampak perubahan alam pada gambar di atas?

Penyebab dari penebangan liar adalah pembukaan lahan untuk permukiman, kegiatan industri, bahkan untuk bahan baku pembuatan mebel.

3.       Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari perubahan tersebut!

Dampak dari kegiatan tersebut adalah pohon-pohon yang ada dihutan akan semakin berkurang, produksi oksigen oleh pohon juga akan berkurang, akan menyebabkan terjadnya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, dan meningkatnya pemanasan global.

 

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data tentang contoh perubahan-perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut!

Contoh Perubahan

Bentuk-Bentuk Perubahan

Keadaan Sebelumnya

Keadaan Sekarang

Faktor Penyebab

Dampak yang Ditimbulkan

Positif

Negatif

Pemanasan global atau global warming

Perubahan iklim dan cuaca terjadi secara teratur

Perubahan iklim dan cuaca tidak menentu, suhu di bumi cenderung meningkat

Memanasnya suhu bumi yang diakibatkan adanya kerusakan lapisan ozon

-

Naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub, banyak petani yang gagal panen karena musim yang tidak menentu

Bencana alam lumpur lapindo

Banyak pepohonan, udara dan air masih bersih, banyak warga yang menghuni tempat tersbut

Banyak rumah warga yang rusak bahkan terendam lumpur, ter-jadi pen-cemaran air dan udara, pepohonan yang ada banyak yang mati

Kebocoran penggalian tambang minyak

Ditemukannya sumber minyak bumi

Banyak warga kehilangan tempat tinggal, terjadinya pencemaran air dan udara, rusaknya ekosistem

Banjir

Kondisi normal (debit air sungai dan air hujan)

Genangan air pada saat banjir me-nenggelamkan rumah warga

Luapan air disekitar sungai, sungai tidak mampu menampung air karena aliran air yang tersumbat oleh sampah dan limbah yang dibuang warga di sungai

Ketersediaan air melimpah

Akan muncul berbagai macam penyakit, banyak warga yang kehilangan rumah dan harta benda

 

Ayo Membaca

Sumber daya alam, baik yang bisa diperbarui maupun yang tidak, jika digunakan secara terus-menerus juga akan habis. Pemanfaatannya harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Sumber daya alam yang kita miliki harus dilestarikan. Kita tidak boleh memanfaatkannya secara sembarangan. Jika sumber daya alam tersebut rusak atau bahkan habis, kita akan terancam bencana. Hal ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan hak dan kewajiban kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Melestarikan lingkungan merupakan hal yang wajib dilakukan. Agar sumber daya alam tetap lestari kita harus melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

  1. Penghematan bahan bakar dan listrik.
  2. Penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air.
  3. Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi.
  4. Melakukan pembibitan jenis tanaman unggul.
  5. Melakukan daur ulang bahan bekas.
  6. Tidak membuang sampah atau limbah ke wilayah perairan, baik sungai, danau, maupun laut.
  7. Tidak menebang hutan secara sembarangan. Kita harus melakukan tebang pilih. Artinya, kita hanya menebang pohon-pohon yang sudah berusia tua dan setelah menebang mau menanam dan menggantikan dengan pohon yang lebih muda.
  8. Tidak menangkap ikan dengan menggunakan racun, listrik, dan bahan peledak.

 

Ayo Berdiskusi

1.     Diskusikan dengan temanmu, apa akibat jika kita menebang hutan sembarangan?

Jika menebang pohon sembarangan akibatnya adalah terjadinya tanah longsor pada daerah dataran tinggi karena akar pohon yang berfungsi sebagai penyerap air dan mengikat tanah ditebang sembarangan tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Tanah yang tidak terikat dengan baik akan mudah terbawa oleh air ketika hujan besar turun dan terjadilah tanah longsor.

2.   Kumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau artikel tentang usaha-usaha pelestarian sumber daya alam!

Usaha-usaha pelesatarian sumber daya alam antara lain: dengan menggunakan sumber daya alam secara bijak, menghemat sumber daya alam, dan reboisasi

3.   Buatlah uraian singkat tentang akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam!

Sumber daya alam akan cepat habis apabila dipakai terus menerus, sumber daya alam berupa tumbuhan dan hewan langka akan punah.

 

Pemanfaatan sumber daya yang tidak bijak akan mengakibatkan berkurangnya sumber daya bahkan akan mengakibatkan bencana alam di kemudian hari. Oleh sebab itu sebagai warga negara yang baik, kita harus memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana. Cara yang dapat kita lakukan antara lain: penghematan bahan bakar dan listrik, penggunaan energi alternatif, misalnya energi matahari, dan energi air, penanaman kembali hutan-hutan yang gundul atau reboisasi, dan kegiatan lainnya.

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Akibat Tidak Melestariakn Sumber Daya Alam"