Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Hubungan Gaya dan Gerak

 

Apakah kalian pernah pergi ke taman bermain? Atau pada saat kalian di tingkat Taman Kanak-kanak pasti ada taman bermain kan? Wahana apa saja yang ada di taman bermain?

Salah satu wahana bermain yang paling sering di jumpai adalah ayunan. Bagaimana cara kalian memainkannya?

Ketika kalian bermain ayunan, kalian akan menarik ayunan terlebih dahulu kemudian mendorngnya.  Ketika menarik dan mendorong ayunan kalian sedang mengerjakan gaya, yang mengakibatkan ayunan bergerak. Jadi apa hubungan gaya dan gerak? Mari kita simak hubungan gaya dan gerak pada peristiwa sehari-hari.

Amatilah gambar peristiwa anak bermain ketapel, paman menimba dengan ember, dan perajin membuat gerabah berikut.

1.       Anak bermain ketapel

Bermain ketapel dilakukan dengan menarik karet dan melepaskan karetnya. Berhati-hatilah saat bermain ketapel. Jangan diarahkan kepada teman.


2.       Paman menimba dengan ember

Paman menimba dengan menarik tali timba. Perhatikan gambar berikut.

3.       Perajin membuat gerabah

Gerabah dibuat dari tanah liat. Tanah dibentuk oleh perajin menjadi berbagai bentuk. Perhatikan gambar berikut.

Bagaimana hubungan gerak dan gaya kaitannya dengan peristiwa tersebut? Coba, tuliskan dalam kotak-kotak berikut.

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa menimba adalah gaya yang dikerjakan saat menarik tali timba mengakibatkan ember yang semula diam menjadi bergerak naik

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa bermain ketapel adalah gaya saat menarik ketapel dan kemudian melepaskannya mempengaruhi batu yang semula diam menjadi bergerak setelahdilontarkan menggunakan ketapel

Hubungan gaya dan gerak pada peristiwa membuat gerabah adalah gaya yang dilakukan pengrajin saat membentunk tanah liat akan mengubah bentuk tanah liat menjadi gerabah

Jadi hubungan gaya dan gerak adalah ketika kita memberikan gaya pada suatu benda, benda tersebut akan bergerak lurus atu berlawanan dengan arah gaya.

Apakah kamu tahu contoh lain dari hubungan gaya dan gerak? Kamu bisa berdiskusi dengan teman-teman mu untuk menemukan contoh lainnya.

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Hubungan Gaya dan Gerak"