Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Keunikan Pakaian Adat Daerah di Indonesia

 

Sebelumnya kita telah membahas tentang keragaman kesenian yang ada di Indonesia yaitu tarian. Selain tarian adakah keragaman budaya lain yang ada di indonesia?

Ya, tentu masih ada lagi. Ketika kita membicarakan suku bangsa pasti tidak akan lepas dari yang namanya pakaian adat. 

Untuk mengawali pembahasan pakaian adat dari masing-masing daerah di Indonesia, ayo kita lakukan kegiatan berikut.

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

  1. Di provinsi mana kalian tinggal?
  2. Apa nama pakaian adat dari daerahmu?
  3. Tuliskan keunikan pakaian adat daerahmu.
  4. Dalam acara apa sajakah pakaian adat itu biasa digunakan?

Provinsi tempat tinggal

: Jawa Tengah

Nama pakaian adat

: Kebaya

Keunikan

  • Pakaian adat wanita bernama kebaya (terbuat dari bahan katun, beludru, sutera brokat, dan nilon yang berwarna cerah).
  • Jawi Jangkep yang dipakai pria terdiri dari Baju Beskap dengan motif bunga, pakaian bawah berupa jarik yang dililitkan di pinggang dan di ikat dengan stagen dan sabuk, blangkon, selop, serta aksesori tambahan seperti keris.
  • Pakaian adat wanita dilengkapi dengan sanggul dan konde.
  • Bagi wanita, memiliki tambahan tata rias yang unik pada wajahnya terutama bagian dahi.
  • Warna-warna khas pakaian adat Jawa Tengah seperti Hitam, Hijau, Hitam berpadu dengan emas, dan berbagai warna cerah lainnya.

Penggunaan

Kebaya biasa digunakan dalam pesta perayaan tertentu seperti pernikahan, perayaan acara tradisional, kartinian dan khitanan. Pada masa sekarang kebaya juga sering digunakan dalam acara pesta formal dengan rekan bisnis hingga perayaan hari kelulusan sekolah.

 

Ayo Membaca

 

Ragam Pakaian Adat di Indonesia

Perbedaan kondisi geografis wilayah Indonesia mendorong berkembangnya pakaian adat. Bagi bangsa Indonesia, pakaian adat termasuk salah satu kekayaan budaya. Penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu. Contohnya pakaian adat dikenakan saat acara pernikahan atau tradisi adat daerah setempat.

Di beberapa daerah, pakaian adat dikelompokkan sesuai kedudukan atau status pemakainya dalam masyarakat. Contohnya pakaian raja, kepala suku, atau bangsawan berbeda dengan pakaian adat rakyat biasa.

Apa saja nama-nama pakaian adat di Indonesia? Berikut beberapa nama pakaian adat di Indonesia.

Tabel 2.2 Pakaian Adat di Indonesia

No

Nama Pakaian Adat

Daerah Asal

1

Elee Balang

Aceh

2

Ulos

Sumatra Utara

3

Bundo Kanduang, Limpapeh Rumah Nan Gadang

Sumatra Barat

4

Pakaian Tradisional Melayu

Riau

5

Teluk Belanga

Kepulauan Riau

6

Aesan Gede

Sumatra Selatan

7

Paksian

Bangka Belitung

8

Baju Pangsi

Banten

9

Kebaya 

Jawa Barat

10

Kebaya

Jawa Tengah

11

Kebaya Ksatrian

DI Yogyakarta

12

Pesa’an

Jawa Timur

13

Perang

Kalimantan Barat

14

Pengantian Bagajah Gamuling Baular Lulut

Kalimantan Selatan

15

Baju Cele

Maluku

16

Pakaian Manteren Lamo

Maluku Utara

17

Kulavi (Donggala)

Sulawesi Utara

18

Baju Nggembe

Sulawesi Tengah

19

Baju Bodo

Sulawesi Selatan

 

Apa nama pakaian adat daerahmy? Tentunya kamu bangga saat mengenakannya, bukan? Suatu ketika cobalah untuk mengenakan pakaian adat dari daerah lain. Itulah salah satu cara kita menghargai keragaman pakaian adat di negara kita.

  • ΓΌ  Tugas

Perhatikan beberapa gambar pakaian adat berikut. Tuliskan keunikan yang terlihat dari setiap pakaian daerah pada gambar.

Keunikan:

  1. Pakaian adat pria berciri khaskan menggunakan penutup kepala berupa udeng, memakai baju berupa jas berkerah maupun berbagai jenis baju asal rapi, kamen, saput, keris, serta selendang.
  2. Pakaian adat wanita berciri khaskan menggunakan sanggul, kebaya, kamen, bulang pasang, dan selendang.
  3. Dalam acara-acara resmi, pakaian adat pria dan wanita biasanya tidak memiliki penutup bahu dan lengan.
  4. Biasanya menggunakan aksesoris tambahan berupa bunga, namun bukan sembarang bunga, diantaranya seperti bunga cempaka kuning, bunga cempaka putih, dan bunga kamboja.
  5. Menggunakan bija atau mebija yang diletakan di kening.
  6. Pakaian-pakaian yang digunakan identik dengan warna putih.
  7. Seluruh komponen pakaian adat Bali melambangkan filosofi keagamaan, seperti berbagai bagian pakaian adat Bali yang berwarna putih (melambangkan kesucian), Kamen yang diikatkan di pinggang melingkar dari kiri ke kanan (melambangkan darma), Pemakaian selendang pada wanita (bermakna wanita Bali haruslah ingat akan ajaran darma dan siap mendidik putra putrinya kelak agar patuh terhadap orang tua).


Keunikan:

  1. Baju Adat dari Kalimantan Barat disebut King Baba (untuk pria) dan King Bibinge (untuk wanita).
  2. Keunikan baju adat ini terletak pada bahan pembuatannya yakni dari kulit kayu ampuro atau kapuo. Kedua pohon ini dikenal dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Cara pembuatannya dengan dipukul-pukul di dalam air kemudian dikeringkan dan dihias untuk digunakan.
  3. Keunikan lainnya adalah pelengkap hiasan baju adat yang digunakan yakni bulu burung enggang. Burung ini sendiri adalah hewan khas Kalimantan dan sudah langka.


Keunikan:

  1. Keunikan pakaian adat pria Jawa Barat adalah pada penutup kepala yang disebut dengan Bendo.
  2. Pria mengenakan pakaian jas taqwa dengan kain dodot. Sebagai pelengkap, mengenakan kalung, dan keris yang diselipkan di pinggang.
  3. Keunikan pakaian adat wanita Jawa Barat adalah mengenakan kebaya dengan ikat pinggang yang disebut dengan beuber. Kain yang dikenakan adalah kain kebat. Sebagai pelengkap adalah mengenakan mahkota, hiasan rambut yang digelung jucung dan diberi untaian bunga. Sandal yang digunakan disebut kelom geulis.

 

Keunikan:

  1. Pakaian adat wanita bernama baju dodo (terbuat dari kain muslin), sedangkan pria bernama baju balla dada (terbuat dari kain lipa sabbe atau lipa garusuk).
  2. Warna yang digunakan baju balla dada biasanya Merah, Biru, dan Hitam.
  3. Pria menggunakan penutup kepala bernama Passapu yang terbuat dari daun lontar.
  4. Baju bodo apabila dipakai akan memiliki gelembung pada bagian punggung serta pakaian ini tidak memiliki lengan dan tidak ada jahitan dibagian lehernya.
  5. Banyak aksesoris yang digunakan seperti gelang, keris, selempang atua rante sembang, sapu tangan, kepingan-kepingan logam, kalung, bando emas, dan cincin.

 

Keunikan:

  1. Bahan kain yang digunakan untuk pembuatan pakaian adat ini terbuat dari kain berjenis beludru.
  2. Untuk pria menggunakan penutup kepala yang terbuat dari kain beludru berisi karton berbentuk tegak menjulang tinggi.
  3. Baju yang dikenakan pria memiliki panjang lengan hanya ¾.
  4. Pria menggunakan celana cangge yang terbuat dari kain beludru kemudian dipakaikan sarung songket beserta sabuk kuningan.
  5. Pakaian wanita secara garis besar sama dengan pria, hanya saja wanita menggunakan penutup kepala yang bernama pesangkon berbentuk duri pandan.
  6. Sarung songket yang dikenakan pihak wanita berbeda dengan pria, wanita akan menggunakan sarung songket dari bahan benang sutra.
  7. Menggunakan berbagai aksesoris seperti gelang emas, selendang tipis merah jambu, kalung, cincin, anting-anting, sampai gelang kaki.       

 

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui keragaman pakaian adat di Indonesia. Sebagaimna bahasa daerah kamu juga mengetahui bahwa pakaian adat di Indonesia terancam punah.

1.   Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia.

Yang dapat dilakukan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia adalah dengan berpartisipasi aktif dalam memakai pakaian adat pada perayaan acara besar seperti upacara pernikahan, kartinian, wisuda, maupu karnaval

2.       Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain.

3.   Di antara kegiatan untuk melestarikan pakaian adat di Indonesia, apa yang dapat kalian lakukan segera? Buatlah kesepakatan kelas, lalu laksanakan kesepakatan itu.

Memakai kebaya pada acara-acara tertentu, misalnya memakai kebaya pada acara karnaval budaya


Ayo Membaca

Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau

Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Begitu pula dengan daerah Minang di Sumatra Barat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini adalah bagian-bagian dari Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak. Namun, para pengantin biasanya memakai hiasan yang disebut suntiang.

Selanjutnya adalah baju adat yang disebut baju batabue. Baju ini penuh dengan hiasan benang emas yang melambangkan kekayaan alam Minangkabau. Corak hiasan benang emas beragam. Pada pinggir baju ada batas yang diberi benang emas dan disebut minsie. Baju bagian bawah berupa kain atau sarung yang disebut lambak. Kain sarung dapat berupa kain tenun atau kain songket. Wanita Minang juga mengenakan selendang yang disebut salempang.

Sebagai pelengkap, pakaian adat ini juga dilengkapi dengan perhiasan. Perhiasan yang dikenakan berupa gelang dan kalung. Gelang biasa disebut galang. Kalung biasa disebut dukuah.

(Sumber: http://kidnesia.com/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Sumatera-Barat/SeniBudaya/Uniknya-Limpapeh-Rumah-Nan-Gadang diunduh 22 September 2016)

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.

1.       Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Paragraf Ke-

                Ide Pokok

1

Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang.

2

Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian.

3

Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau.

4

Baju adat wanita minang disebut baju batabue

5

Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang juga dilengkapi dengan perhiasan

 

2.       Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut. Tuliskan dalam bentuk berikut.

Informasi dari Bacaan “Keunikan Pakaian Adat Wanita Minangkabau”

Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang ini terdiri atas beberapa bagian. Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Baju adat yang disebut baju batabue Pakaian adat Limpapeh Rumah Nan Gadang juga dilengkapi dengan perhiasan.

 

Setiap pakaian adat memiliki ciri khas yang membedakan pakaian daerah satu dengan pakaian adat daerah yang lainnya. Misalnya pakaian adat daerah Jawa Barat, penutup kepala yang digunakan pria bernama Bendo, sedangkan di daerah Sulawesi Selatan penutup kepala pria bernama Passapu. Kedua penutup kepala tersebut juga memiliki bentuk yang berbeda.

Jadi apa nama pakaian adat di daerah mu?

Kamu bisa mencari tahu dan bahkan mengenakannya. Semoga bermanfaat ya..






Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Keunikan Pakaian Adat Daerah di Indonesia"