Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Penggunaan Energi Alternatif

 

Bahan bakar apa yang ibu kalian pakai untuk memasak?

Ada yang menggunakan kayu bakar, minyak tanah, listrik, dan gas elpiji. Tetapi sebagian besar masyarakat Indonesia kini memakai gas elpiji. Gas ini jika digunakan terus menerus akan habis, maka dari itu perlu adanya alternatif lain yang lebih aman dan mudah dalam mendapatkannya. Latif Wilopo, memanfaatkan kotoran sapi sebagai sumber alternatif untuk dibuat sebagai bahan bakar kompor biogas. Bagaimana kisahnya, mari kita cari tahu lebih lanjut!


Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati

Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan Kandat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas.

Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi.


Sudah hampir setahun Latif dan keluarganya memanfaatkan biogas tersebut sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak. Hasilnya juga cukup lumayan karena uang belanja untuk membeli gas elpiji dapat dihemat untuk keperluan lainnya. Termasuk saat terjadi kelangkaan elpiji, istrinya pun tetap bisa memasak.

Menurut Latif, memakai tabung gas elpiji dengan biogas dari kotoran sapi tidak ada bedanya serta tidak berpengaruh pada rasa masakan. Meskipun biogasnya dari kotoran sapi, masakannya pun tetap lezat. Selain itu juga murah. Sebelum memakai biogas kotoran sapi, setiap bulannya Latif harus mengeluarkan biaya Rp 52.000,- untuk membeli gas elpiji, dan belum lagi jika terjadi kenaikan harga elpiji. Namun, sekarang dia sudah tidak perlu lagi membeli gas elpiji.

Ide membuat instalasi kompor biogas muncul karena di belakang rumahnya menjadi tempat kandang kelompok peternak sapi. Ada sekitar 10 ekor sapi yang setiap hari menghasilkan sekitar 200 kg limbah kotoran sapi yang terbuang sia-sia. Limbah kotoran sapi tersebut hanya dipakai sebagai pupuk kandang.

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas

1.       Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?

Biogas kotoran sapi adalah energy anternatif yang dibuat dari kotoran sapi. Didalam kotoran sapi mengandung banyak selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang baik jika digunakan sebagai biogas.

2.       Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?

Kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan karena biogas kotoran sapi dapat diperbarui, mengurangi ketergantungan manusia terhadap minyak bumi, mengurangi penggunaan kayu bakar yang menyebabkan adanya penggundulan hutan, merupakan bentuk pembuangan kotoran hewan yang paling baik.

3.       Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?

Diantara gas elpii dan biogas kotoran sapi, biogas kotoran sapi lebih hemat dan ramah lingkungan, tidak mengandung zat-zat berbahaya, biaya produksi yang murah, dan pengelolaannya yang mudah

 

Ayo Mencoba

Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini.

1.       Energi alternatif sinar matahari.

2.       Energi alternatif air.

3.       Energi alternatif angin.

Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.

  • Energi aternatif sinar matahari

Energi sinar matahari sangaat membantu dalam melestarikan fosil fosil. karena energi sinar matahari dapat menjadi energi alternatif. yaitu energi yang dapat diperbaharui dan sewaktu waktu tidak akan habis. energi sinar matahari dapat dimanfaatkan dengan cara berikut: (1) sinar matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan cara menggunakan sel surya. dengan ini listrik yang ada di bumi tidak akan pernah habis, (2) sinar matahari dapat dimanfaatkan masyarakat untuk penerang alami. saat pagi hari sinar matahari akan memancar dan masuk ke celah celah rumah sehingga saat waktu itu walaupun kita yidak menggunakan lampu. ruangan akan terlihat lebih terang secara alami, dan (3) energi matahari dapat digunakan untuk membantu kegiatan kegiatan manusia.

  • Energi aternatif air

Energi air juga bisa dijadikan sebagai salah satu contoh energi alternatif untuk kita semua. Seperti kita ketahui, dimana energi listrik yang kita manfaatkan setiap hari termasuk salah satu sumber dari energi alternatif yang sifatnya ramah lingkungan. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan energi air ini untuk dapat menghasilkan listrik.

Nah, listrik inilah yang nantinya akan membantu pihak PLN dalam memenuhi setiap kebutuhan energi di Indonesia. Tak hanya itu saja, pemanfaatan batu bara yang saat ini digunakan dalam pembangkitan tenaga listrik akan semakin berkurang jika kita bisa memanfaatkan energi air secara optimal. Terlebih lagi, ketersediaan batu bara sebagai sumber energi utama semakin lama akan semakin habis. Untuk itu, dengan menggunakan energi air ini maka kita bisa menjadikannya sebagai salah satu sumber energi alternatif yang terbarukan.

  • Energi aternatif angin

Energi angin yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Angin sudah digunakan sejak dulu sebagai penggerak perahu layar. Nah, energi angin ini juga bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk menghasilkan energi listrik. Energi angin merupakan salah satu metode yang terbersih dan teraman dari pembangkit listrik terbarukan. Pengumpulan angin dapat dibuat untuk perangkap energi angin dengan menempatkan beberapa turbin angin di lokasi yang sama untuk tujuan menghasilkan sejumlah besar tenaga listrik. Kekuatan angin mengubah energi dari angin ke bentuk energi lain. Ada berbagai cara untuk memanfaatkan itu. Misalnya kincir angin menghasilkan energi mekanik, memungkinkan layar untuk menggerakkan kapal dan menghasilkan listrik.

Sumber: https://brainly.co.id/ dan https:// kompasiana.com/

 

Penggunaan energi alternatif merupakan satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan sekaligus untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Namun, kesadaran untuk melakukan usahausaha pelestarian lingkungan tersebut tidak sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian masyarakat yang berperilaku tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya. Tulislah hasilnya pada kolom berikut!

Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.

No

Nama Benda/Zat

Perubahan Pada Alam

Sifat

Sebab

Akibat

1

Pupuk kimia

Penggunaan yang berlebihan dalam jangka panjang

Mengurangi kesuburan tanah, menurunkan produktivitas pertanian

 

Merusak

2

Detergen

Pembuangan zat detergen ke sungai

Akan mencemari air sungai

Merusak

3

Pestisida

Rantai makanan tidak sehat

Kesuburan tanah berkurang

Merusak

 

 

1.       Identifikasilah kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan.

 

2.       Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama.


Cara Bapak Latif Wilopo yang memanfaatkan kotoran sapi untuk dijadikan bahan bakar kompor biogas dapat kita contoh ya teman-tema. Selain menghemat biaya pembelian gas elpiji hal ini juga mngurangi penggunaan sumber daya alam berupa gas yang ada sehingga tidak cepat habis. 

Semoga bermanfaat ya..



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Penggunaan Energi Alternatif"