Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?

 

Banjir merupakan suatu bencana alam yang sering disebabkan oleh manusia. Mengapa disebabkan oleh manusia? Bukankah banjir disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan meyebabkan debit air meningkat?

Banjir memang sering terjadi ketika musim hujan datang, tetapi itu tidak akan terjadi jika air hujan dapat diserap oleh tanah. Pada kenyataannya, sekarang dikawasan perkotaan sangat jarang ada lahan terbuka hijau sebagai tempat penyerapan air. Contohnya saja di Jakarta, disana sudah banyak sekali dibangun gedung-gedung perkantoran, permukiman, pabrik-pabrik, dan sebagainya. Ini menyebabkan ketika ketika musim hujan datang air akan menggenang dan menjadikan Jakarta banji. Selain itu ada  banyak penyebab kenapa Jakarta banjir, mari kita simak bersama!

Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?

Setiap musim hujan, Jakarta banjir. Saat di Jakarta tidak terjadi hujan lebat, tetapi di Puncak hujan lebat, Jakarta pasti banjir. Orang-orang menyebutnya banjir kiriman. Mengapa begitu? Daerah Puncak di Bogor lebih tinggi daripada Jakarta. Di Puncak yang berhawa dingin banyak didirikan vila tempat berlibur. Pembangunan vila di Puncak dilakukan dengan menebang pohon-pohon di hutan-hutan daerah tersebut. Akibatnya, wilayah hutan banyak berkurang. Ketika di Puncak turun hujan lebat, air hujan terus mengalir ke bawah karena tidak ada akar-akar pepohonan yang dapat menahan air hujan di dalam tanah. Air hujan terus turun ke dataran yang lebih rendah hingga terkumpul di sungai. Air sungai akan mengalir deras menuju ke laut.

Jakarta berada di dekat laut. Sungai-sungai di Jakarta menerima aliran deras air sungai dari Puncak dan Bogor. Jika sungai di Jakarta cukup besar untuk menampung derasnya sungai, tentu tidak akan terjadi banjir. Namun, sungai-sungai di Jakarta banyak yang sudah sempit dan dangkal. Selain karena lumpur, sempit dan dangkalnya sungai di Jakarta juga akibat kebiasaan buruk warga yang membuang sampah ke sungai. Selain itu, tanah terbuka untuk resapan hujan di Jakarta semakin sempit. Banyak lahan sudah berubah menjadi gedung dan disemen. Ketika hujan, sedikit sekali air yang dapat diserap tanah. Sisa air hujan mengalir ke selokan dan berlanjut ke sungai.

Untuk menampung air hujan yang turun di Jakarta saja perlu sungai lebar dan dalam. Apalagi jika ditambah air hujan yang mengalir dari dataran tinggi, seperti Bogor dan Puncak. Oleh karena itu, sungai tidak akan muat menampung semua air itu. Akibatnya, air meluap keluar dan membanjiri Jakarta.

Sumber: http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Banjir-kok-Tiap-Tahun

Kamu telah membaca bacaan ”Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?”. Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Kemudian, lengkapilah gambar peta pikiran berikut.



Ayo Berlatih

Timbulnya bencana salah satunya disebabkan oleh sebagian besar masyarakat yang tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan alam sekitar. Mereka banyak membuat kerusakan tanpa mau melakukan usaha-usaha pelestarian. Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama

: Sanusi

Pertanyaan yang diajukan

: Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar?

Hasil Wawancara

:

 

 

No

Nama Narasumber

Jawaban

1

Budi

Pencemaran air dan udara

2

Rani

Tanah longsor

3

Yudi

Banjir

4

Edo

Abrasi

5

Fani

Banjir

 

Kesimpulan: ketika kita tidak melaksanakan kewajiban kita untuk menjaga dan merawat lingkungan maka lingkungan tersebut akan rusak. Akibat dari kerusakan tersebut adalah terjadinya bencana alam seperti pencemaran air dan udara, tanah longsor, banjir, abrasi, dan lain sebagainya.


Nah, sekarang kalian sudah tahu kan apa penyebab terjadinya banjir di Jakarta setiap tahun?

Untuk itu kita harus bisa melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan, agar lingkungan tidak rusak dan pada akhirnya akan muncul bencana alam. Kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelesatarian lingkungan? 

Kegitannya antara lain: tidak membuang sampah sembarangan, menanami lahan kosong dengan tanaman hijau, tidak melakukan penebangan hutan secara ilegal, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat ya..


Posting Komentar untuk "Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?"