Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Listrik Statis dan Listrik Dinamis

 

Listrik merupakan sesuatu yang penting dan menjadi sudah kebutuhan pokok bagi masyarakat. Listrik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Keduanya memiliki perbedaan, Apakah kalian tahu apa perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis?

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan mengenai macam listrik dibawah ini.

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Tugas

1.       Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir (diam) dan perpindahan arusnya terbatas. Contoh adanya listrik statis: timbulnya listrik statis pada penggaris yang digosok-gosokkan ke rambut yang kering kemudian didekatkan pada kertas yang telah dipotong kecil-kecil akan mengakibatkan kertas tersebut menempel pada penggaris

Listrik dinamis adalah listrik yang bergerak atau mengalir. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

2.       Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.

Saat kain wool disetrika dan didekatkan ke badan kita, maka muncul listrik statis yang menarik rambut-rambut di badan kita. Gosokkan balon ke rambut lalu tempelkan di dinding, maka balon akan menempel di dinding.

 

Perhatikan gambar beberapa alat elektronik berikut.





1.       Apa yang menyebabkan lampu senter dapat menyala?

Yang menyebabkan lampu senter dapat menyala adalah karena adanya beterai yang ada di dalam senter. Baterai tersebut mengubah energy kimia menjadi energy cahaya

2.       Apa yang menyebabkan kipas angin dapat berputar?

Kipas angina dapat berputar karena adanya energi listrik yang berubah menjadi energi gerak. Listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, kemudian motor akan berputar dan menggerakkan baling-baling pada kipas angin

3.       Apa yang menyebabkan setrika menjadi panas?

Setrika menjadi panas karena pada bagian bawah setrika memiliki lempeng aluminium yang merupakan penghantar panas (konduktor) yang baik. Ketika kabel setrika ditancapkan pada sakelar listrik, listrik akan dirubah menjadi energi panas melalui konduktor berupa lempeng alumunium

4.       Apa yang menyebabkan air dapat membeku di dalam lemari pendingin?

Air dapat membeku di dalam lemari pendingin karena aliran listrik yang mengalir ke dalam pendingin mengakibarkan adanya penurunan suhu yang terjadi di dalam lemari pendingin yang menyebabkan air menjadi beku

 

Peralatan elektronik dapat bekerja karena ada aliran arus listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain. Saat arus listrik mengalir melewati bohlam, bohlam akan menyala. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Saat arus listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, motor akan berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin. Saat arus listrik melewati elemen pemanas di dalam setrika, elemen akan menjadi panas. Energi listrik berubah menjadi energi panas. Pada lemari pendingin, arus listrik akan memutar motor pada mesin lemari pendingin dan membuat bahan pendingin bekerja.

Saat ini alat elektronik menjadi kebutuhan manusia untuk memempermudah kehidupan. Di rumah dan di sekolahmu, tentu kamu menggunakan berbagai alat elektronik. Lakukan tugas berikut secara berkelompok.

ΓΌ  Tugas

Tuliskan peralatan elektronik yang kamu ketahui beserta fungsinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

No

Nama Alat Elektronik

Fungsi

1

Lampu

Sebagai alat penerangan

2

Teko listrik

Sebagai alat pemanas air

3

Rice Cooker

Sebagai alat untuk memasak dan menghangatkan nasi

4

Mesin cuci

Sebagai alat untuk mencuci dan mengeringkan pakaian

5

Hair dryer

Sebagai alat untuk mengeringkan rambut

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa listrik statis merupakan aliran listrik yang tidak bergerak atau diam, sedangkan listrik dinamis adalah aliran listrik yang bergerak atau mengalir. Arus listri bergerak dari kutub positif menuju kutub negatif. Energi listrik yang ada dapat diubah menjadi energi lain. Misalnya pada hair dryer. Listrik yang mengalir dan melewati elemen panas pada hair dryer akan mengakibatkan  timbulnya energi panas, sehingga kita dapat memanfaatkannya untuk mengeringkan rambut. Pada hair dryer energi listrik berubah menjadi energi panas.

Selain hair dryer dan contoh-contoh yang ada diatas apakah kamu dapat menyebutkan contoh lain?

Cobalah cari contoh-contoh perubahan energi listrik menjadi energi lain yang ada disekitarmu.

Semoga bermanfaat ya..

 

 

Posting Komentar untuk "Mengenal Listrik Statis dan Listrik Dinamis"