Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Andrea Hirata, Mimpi Seorang Laskar Pelangi


Apa yang sudah kalian lakukan untuk mewujudkan dan meraih cita-cita kalian? Ketika mengalami kesulitan atau kegagalan apakah kalian akan menyerah? 

Jangan pernah menyerah untuk mewujudkan dan meraih cita-cita kalian ya. Simaklah cerita tentang seseorang yang bermimpi besar dan kerja kerasnya untuk mewujudkannya!

 

Mimpi Seorang Laskar Pelangi

Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul “Laskar Pelangi”. Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan di mana-mana, terlebih di dunia sastra. Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.


Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan. Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak.

Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita-citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu.

Sumber: http://www.biografiku.com dengan perubahan

 

Ayo Menulis!

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!


Apa kesimpulanmu terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya?

Andrea Hirata telah membuktikan kekuatan mimpinya. Ia pun memiliki beberapa orang di sekelilingnya yang sangat mendukung usahanya untuk mencapai mimpinya. Meskipun ia miskin, bahkan tinggal di daerah yang terpencil, mimpinya telah membawanya kepada prestasi yang luar biasa. 

Bacalah puisi di bawah ini dalam hati dengan saksama. Pahamilah arti dan maknanya.

Laskar Pelangi

Karya: Nidji

Mimpi adalah kunci

Untuk kita menaklukkan dunia

Berlarilah tanpa lelah

Sampai engkau meraihnya

 

Laskar pelangi takkan terikat waktu

Bebaskan mimpimu di angkasa

Warnai bintang di jiwa

 

Menarilah dan terus tertawa

Walau dunia tak seindah surga

Bersyukurlah pada yang kuasa

Cinta kita di dunia, selamanya

 

Cinta kepada hidup

Memberikan senyuman abadi

Walau hidup kadang tak adil

Tapi cinta lengkapi kita

 

Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah-langkah berikut ini!

1.       Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu.

Makna puisi diatas adalah kita harus memiliki mimpi yang tinggi untuk bisa membangun maa depan yang cerah, meskipun kita memiliki keterbatasan tetapi kita tetap harus berusaha mewujudkannya. Kita juga harus bersyukur kepada Tuhan atas apa yang kita miliki, terus berusaha serta berdoa untuk mewujudkan mimpi kita

2.    Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.


Laskar Pelangi

Karya: Nidji

Mimpi / adalah kunci //

Untuk kita / menaklukkan dunia //

Berlarilah / tanpa lelah //

Sampai engkau /meraihnya //

 

Laskar pelangi / takkan terikat waktu //

Bebaskan mimpimu di angkasa //

Warnai bintang di jiwa //

 

Menarilah dan terus tertawa //

Walau dunia tak seindah surga //

Bersyukurlah / pada yang kuasa //

Cinta kita di dunia,/ selamanya //

 

Cinta / kepada hidup //

Memberikan / senyuman abadi //

Walau hidup / kadang tak adil //

Tapi cinta lengkapi kita ///


 

Mimpi dan cita-cita yang besar membutuhkan pengorbanan yang besar pula. Kita harus tetap semangat dalam meraih mimpi dan cita-cita tersebut karena kita memiliki keluarga, teman, dan Tuhan yang akan selalu mendukung setiap usaha kita.

Semoga bermanfaat ya..


Posting Komentar untuk "Andrea Hirata, Mimpi Seorang Laskar Pelangi"