Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo, Bermain Engklek...

 

Selain kaya dengan ragam budaya, Indonesia juga kaya akan permainan tradisional. Permainan tradisional apa saja yang ada di daerah mu?

Sebelumnya kamu telah belajar tentang permainan Bakiak. Menarik, bukan? Kamu tentunya senang dapat mencobanya. Permainan tradisional lain yang cukup menarik adalah Engklek.

Tahukah kamu permainan ini?

Ayo, kita coba bersama!

Pernahkan kamu bermain Engklek? Permainan ini adalah permainan tradisional yang sangat banyak dimainkan oleh anak-anak di Indonesia. Engklek merupakan permainan lompat pada bidang datar yang digambar di atas tanah. Permainan Engklek biasa dimainkan oleh dua sampai lima orang.

Mau tahu cara bermainnya? Ayo, kita coba!

 

Permainan Engklek

https://oriflameid.com/keterampilan-dasar-yang-diperlukan-dalam-permainan-engklek/


Jumlah Pemain: Dua sampai lima orang.

Peralatan:

  • Gacuk/pecahan genting
  • Kapur/tepung untuk garis batas

Cara Bermain

  1.  Lompatlah dengan menggunakan satu kaki di setiap petak-petak yang telah digambar
  2. Siapkanlah gacuk sebelum bermain.
  3.  Lemparlah gacuk ke salah satu petak.
  4. Petak yang ada gacuk-nya tidak boleh diinjak/ditempati oleh setiap pemain.
  5. Lompatlah ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petakpetak yang ada.
  6. Pilihlah sebuah petak yang dijadikan sawah setelah menyelesaikan satu putaran. Petak itu boleh diinjak dengan dua kaki. Pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan.
  7. Pemain yang memiliki sawah yang paling banyak adalah pemenangnya.

Permainan Engklek memerlukan keterampilan lokomotor, yaitu kemampuan untuk melakukan gerakan anggota tubuh sehingga seluruh tubuh berpindah tempat. Keterampilan lokomotor sangat penting untukmengukur kemampuan motorikmu.

Beberapa keterampilan lokomotor dasar yang perlu kamu kuasai adalah

  • berjalan
  • berlari
  • melompat

1.       Apa saja keterampilan lokomotor yang kamu perlukan dalam permainan engklek?

Gerakan lokomotor yang terdaat pada permainan engklek antara lain berlari, berjalan dengan satu kaki, dan meompat

2.       Apakah kamu dapat melakukan keterampilan tersebut dengan baik? Jelaskan.

Iya, saya dapat melakuka keterampilan tersebut dengan baik. Saat bermain engklek harus memiliki keseimbangan yang baik agar tidak mudah jatuh dan permainan berjalan dengan lancar

 

TAHUKAH KAMU?

  • Permainan tradisional Engklek dapat dimainkan dengan beberapa cara yang berbeda? Permainan tradisional Engklek dikenal juga dengan istilah Angklek atau Ingkling. Permainan Engklek merupakan permainan berjalan atau melompat dengan menggunakan satu kaki pada bidang datar dengan peraturan yang disederhanakan dan disepakati oleh para pemainnya.
  •  Permainan tradisional ini memiliki banyak variasi tergantung kesepakatan yang memainkannya.
  • Berdasarkan penelitian, ditemukan 43 jenis permainan Engklek, namanya pun berbeda-beda di tiap daerah. Istilah Engklek yang biasa digunakan di daerah Jawa. Pola petak Engklek ada 11 macam. Yang biasa digunakan di Jawa jenis Engklek Ebrek dan Engklek Gunungan.

  

Bagaimana di tempat tinggalmu? Apakah kamu juga menemukan permainan sejenis Engklek? Disebut apakah permainan Englek di lingkungan tempat tinggalmu?

Salah satu alat yang digunakan dalam permainan Engklek adalah Gacuk. Gacuk tersebut dilemparkan ke kotak-kotak tertentu pada kotak-kotak yang terdapat pada pola sesuai aturan bermain. Kamu dapat bermain Engklek dengan pola petak yang berbeda-beda. Sebelumnya, perhatikan pola petak Engklek berikut.


Sungguh kaya budaya Indonesia. Sebagai anak Indonesia, kita harus bersyukur dengan kekayaan ini. Kita dapat mencicipi makanan beragam, bermain permainan tradisional yang berbeda dan tentunya mengenal kebiasaan-kebiasaan berbeda. Banyak hal yang kita bisa pelajari dari keanekaragaman itu.

Dengan beragam keanekaragaman tersebut kita bisa mempelajari beragam permainan tradisional, kebiasaan-kebiasaan yang ada di daerah lain, dan bahkan mencicipi makanan khas dari daerah lain. Kita juga harus menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di daerah lain.

Semoga bermanfaat ya..

 

Posting Komentar untuk "Ayo, Bermain Engklek..."