Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bagian-Bagian Tumbuhan

 

Udara yang segar diluar ruangan berasal dari tumbuhan hijau yang menghasilkan oksigen. Bagaimana tumbuhan dapat menghasilkan oksigen?

Tumbuhan hijau menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Lalu, saja bagian-bagian dari tumbuhan? Mari, kita pelajari bersama!


Bacalah keterangan di bawah ini dengan saksama.



Tahukah kamu bahwa beberapa dari bagian tumbuhan tersebut berfungsi untuk membuat tumbuhan tersebut tetap lestari dan seimbang di alam? contoh bagian tumbuhan tersebut adalah biji. Biji merupakan cikal bakal bagi sebagian tumbuhan untuk terus bertahan sehingga terjaga kelestariannya.

Tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda pada setiap bagian-bagiannya untuk membuat tumbuhan tersebut hidup dan teraga kelestariannya. Biji merupakan bagian yang penting dalam tumbuhan, karena biji merupakan cikal bakal dari tumbuhan tersebut. Tumbuhan merupakan sumber daya alam hayati yang perlu dijaga keberadaanya agar lingkungan tetap segar dan lestari. Salah satu cara untuk melestarikan lingkungan adalah dengan menanam tanaman dan merawatnya.

 

Cermati teks tentang upaya manusia untuk menjaga kelestarian lingkuangan berikut ini.

Setiap tumbuhan memiliki bagian-bagian yang bermanfaat bagi makhluk hidup lain. Di antara tumbuhan tersebut, ada yang memiliki bunga. Bunga-bunga di sekitar rumah Lani terlihat sangat subur dan beraneka warna. Lani sangat rajin merawat bunga-bunga tersebut. Ia menyiramnya setiap hari dan memberikan pupuk secara teratur.

Bunga membuat lingkungan rumah Lani menjadi indah dan sejuk dipandang mata. Beberapa jenis bunga menghasilkan wangi, sehingga membuat harum udara di lingkungan rumah Lani.

 

Jawablah pertanyaan berikut.

1.       Apa kewajibanmu terhadap tumbuhan yang ada di sekitar?

Kewajiban kita terhadap tumbuhan yang ada disekitar adalah merawat tanaman tersebut.

2.       Manfaat apa yang bisa kamu peroleh dari bunga?

Bunga dapat membuat lingkungan menjadi indah dan sedap dipandang mata.

3.       Apabila tumbuhan berbunga wangi, apa yang sebaiknya kamu lakukan?

Apabila tumbuhan berbungan wangi, kita dapat memanfaatkanya sebagai penyegar di lingkungan rumah.

 

Memelihara tumbuhan adalah bagian dari kegiatan menjaga keseimbangan dan pelestarian lingkungan. Sekarang, kamu akan menanam satu jenis tumbuhan, kemudaian merawatnya, dan mengamati setiap bagiannya.

Ayo, kita menanam tumbuhan dengan langkah berikut.

1.       Pilihlah satu macam biji yang bisa kamu tanam (tomat, kacang hijau, cabe atau lainnya).

2.       Siapkan tanah dalam pot kecil, kaleng bekas atau lainnya.

3.       Masukkan biji di tanah dalam pot kira-kira 3 cm.

4.       Siram secukupnya.

5.       Simpan tumbuhanmu di depan kelas.

6.       Siramlah tumbuhanmu setiap hari.

 

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang wajib kita jaga. Karena tumbuhan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kita bisa merawat tumbuhan dengan cara menyiram dan memberinya pupuk secara teratur. 

Semoga bermanfaat ya..




Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Tumbuhan"