Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Macam Makanan Khas Nusantara


Bahasa merupakan alat komunikasi yang lazim digunakan seseorang untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada orang lain. Beragamnya suku yang ada di Indonesia juga membuat beragamnya bahasa yang digunakan. Seperti halnya bahasa, makanan daerah juga sangat beragam.

Pernahkah kamu berkunjung ke tempat wisata yang berada di daerah lain di Indonesia? Mereka tentu memiliki keunikan yang membedakan dengan daerah lainnya. Salah satu yang membedakan antara satu daerah dengan daerah lainnya adalah bahasa daerah dan makanan khasnya.



Perhatikan gambar-gambar di atas! Makanan khas daerah kini menjadi hal yang paling diburu oleh para wisatawan lokal. Makanan khas daerah tentu saja dinamai dengan bahasa daerah setempat.

Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu!

  1. Kamu dan kelompokmu akan melanjutkan kegiatan sebelumnya tentang keragaman budaya orang-orang yang berada di sekitarmu. Sebelumnya kamu dan kelompokmu mencari tahu keragaman rumah adat yang berasal dari suku-suku yang berbeda. Kali ini, kamu akan menggali lebih dalam tentang bahasa daerah dan makanan khas mereka. Kamu akan menuangkannya dalam bentuk poster.
  2. Siapkan sebuah kertas ukuran A3. Kamu dapat juga menggunakan sebuah kertas karton dengan ukuran yang sama.
  3. Buatlah daftar makanan khas Nusantara yang sudah pernah kalian nikmati sebelumnya. Jelaskan dan cari tahu bahan-bahan yang digunakan.
  4. Buat juga daftar makanan khas Nusantara yang ingin kamu nikmati. Jelaskan berasal dari daerah mana, dan alasan mengapa kamu ingin mencobanya.
  5. Pada bagian yang lain dari postermu, siapkan satu atau dua kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, misalnya: “Siapa namamu?” Lalu, carilah makna yang sama dalam berbagai bahasa daerah di Nusantara. Pilihlah paling banyak lima bahasa daerah.
  6. Gunakan contoh berikut ini untuk membantumu.
  7. Tuliskan semua manfaat yang kamu dapatkan dengan mempelajari bahasa daerah dan makanan khas daerah Nusantara.
  8. Jelaskan dan presentasikan hasil pekerjaan kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

 

Bahasa Daerah di Nusantara

 

Makanan Khas Nusantara



Siapa namamu?

 

  1. Sinten nami panjenengan (Jawa)
  2. Naon ngaran anjeun? (Sunda)
  3. Nyamana sapa? (Madura)
  4. Sageral ni kam? (Gayo)
  5. Siapa ngaran ikam? (Banjar)

 

Gambar makanan khas daerah

Sumber: http://dparagon.com/kuliner-khas-solo/


 

Nama

Tengkleng


 

Asal

Solo, Jawa Tengah


 

Keunikan

Salah satu keunikan Tengkleng ini terletak pada bahan dasarnya, selain tulang belulang dan tetelan, ada juga yang menggunakan bahan seperti jeroan, dan ada juga yang menggunakan bagian kepala kambing.


 

 

 

 

Gambar makanan khas daerah

https://id.wikipedia.org/wiki/Papeda


 

Nama:

Papeda


 

Asal:

Papua


 

Keunikan:

Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi

 

 

Itulah contoh makanan khas dari daerah Solo yaitu Tengkleng dan makanan khas dari Papua yaitu Papeda. Apa makanan khas dari daerah tempat tinggal mu? Ceritakan kepada teman-teman mu apa yang menjadi makanan khas dari daerah mu.
Semoga bermanfaat ya..


Posting Komentar untuk "Berbagai Macam Makanan Khas Nusantara "