Di Manakah Bunyi?

 

Indera apa yang digunakan manusia untuk mendengar bunyi?

Ya, manusia mendengar bunyi melalui telinga. Lalu darimana bunyi itu berasal? Mari kita, pelajari bersama sumber dan tempat bunyi berasal!

Di Manakah Bunyi?

Tujuan: Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.

Alat dan Bahan: Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

Langkah Kerja:

  1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
  2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

 


Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan

:

Percobaan Sumber Bunyi

 

Tujuan Percobaan

:

Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal

 

Alat dan Bahan

:

Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

 

Langkah Kerja

:


  1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
  2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

 

Hasil Percobaan

:

Dari percobaan diatas ketika mata tertutup, kita masih bisa mendengar dengan jelas dari mana bunyi itu berasal. Kita masih bisa mendengar bunyi dari jarak tertentu, karena bunyi merambat melalui udara. Kita juga masih bisa menerka-nerka sumber bunyi apa yang digunakan untuk menghasilkan bunyi.

 

Kesimpulan

:

Telinga manusia merupakan detektor bunyi yang sangat baik dan peka. Batas intensitas bunyi yang dapat didengar telinga manusia normal adalah

  1. Intensitas terendah sebesar 10-12 watt/m2 Batas ini disebut sebagai intensitas ambang pendengaran
  2. Intensitas tertinggi yang dapat didengar tanpa rasa sakit di telinga sebesar 1 watt/m2. Batas ini disebut sebagai intensitas ambang perasaan.

 

Indra Pendengar (Telinga)

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar?

Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.

Bagaimana telinga merasakan getaran?

Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

Dengan indera pendengar, kita dapat mendengar bunyi-bunyi yang berbeda. Kita harus bersyukur bahwa Tuhan telah menciptakan indera pendengar (telinga) sehingga kita bisa mendengan suara dan bunyi yang ada di sekita r kita. Sebagai wujud rasa syukur, kita harus menjaga indera pendengaran kita dengan baik.

Semoga bermanfaat ya..