Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Duha Juhaeri, Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih

 

Apakah kamu ingin menjadi seorang pahlawan?

Kamu juga bisa menjadi seorang pahlawan, karena setiap orang bisa menjadi pahlawan jika dia melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan dan orang-orang disekitarnya. Seperti Kakek Duha Juhaeri yang menjadi pahlawan bagi llingkungannya. Mau tahu cerita selengkapnya? Mari, kita simak bersama!


Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih

news.liputan6.com/read/275732/kakekpenyelamat-lingkungan-tanpa-pamrih

Berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Itulah falsafah hidup seorang pria 65 tahun yang tinggal di Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan kesederhanaan, sang kakek mampu mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.

Kaki Gunung Tampomas dulunya hanyalah padang tandus yang rusak karena penambangan pasir. Setelah pasir habis ditambang, tempat tersebut ditinggal begitu saja kering dan gersang. Tidak ada yang bertanggung jawab. Tidak ada yang dikenai sanksi karena kerusakan ekosistem ini.

Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Karena itu ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu kepada penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.

Kini Kakek Juhaeri menuai kebahagiaan dari benih kebaikan yang ditabur. Hanya dengan upaya sederhana, Juhaeri ternyata mampu mengubah dari tiada menjadi ada. Dari kerusakan menjadi keteduhan. Untuk berbuat baik, perlu usaha yang tiada henti.(JUM)Sumber: Liputan6)

 

Kakek Duha Juhaeri mempunyai tanggung jawab sosial yang sangat tinggi. Tindakan yang dilakukan oleh Kakek Juhaeri adalah sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jelaskan maksud dari pernyataan di atas sehubungan dengan sila kelima Pancasila.

Sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai pancasila sila ke-5, antara lain membiasakan hidup sederhana, hemat, guna menciptakan keseimbangan kehidupan

Kamu juga dapat menerapkan sikap yang menunjukkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terhadap lingkungan. Berikan contoh!

Membantu korban bencana alam, ikut serta dalam penghijauan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mempunyai tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari?

Jika tidak ada tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari maka terjadi kesenjangan sosial


Setiap kita bisa menjadi pahlawan bagi lingkungan sekitar. Dengan hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah sesuai jenisnya, ikut serta dalam kegiatan penghijauan lingkungan, memanfaatkan sumber daya alam sesuai dengan kebutuhan, membantu korban bencana alam, dan kegiatan lainnya yang memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat. Semangat menjadi pahlawan untuk lingkungan dan masyarakat sekitar mua ya.

Semoga bermanfaat..


 

Posting Komentar untuk "Duha Juhaeri, Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih"