Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Pekerjaan di Berbagai Wilayah


Dimana kalian tinggal dan perkerjaan apa yang dilakukan masyarakat di daerah tempat tinggal mu?

Tahukah kamu bahwa jenis pekerjaan di daerah pantai berbeda dengan jenis pekerjaan di daerah pegunungan?

Setiap pekerjaan sangat ditentukan oleh dimana seseorang tinggal, karena pekerjaan yang ada disesuaikan dengan sumber daya alam dalam suatu wilayah. Sehingga pekerjaan orang yang di daerah pantai berbeda dengan pekerjaan orang yang ada di daerah pegunungan.

Untuk mengetahui faktor apa yang membedakan pekerjaan pada wilayah-wilayah tertentu mari kita pelajari lebih lanjut!

Amati gambar berikut.


Tulis sedikitnya 5 pertanyaan tentang gambar.

  1. Apa saja jenis pekerjaan yang ada di daerah pantai?
  2. Mengapa penduduk daerah pantai banyak menjadi nelayan?
  3. Mengapa di daerah pegunungan banyak penduduk bekerja pada perkebunan?
  4. Apa saja pekerjaan yang banyak dilakukan penduduk di daerah pegunungan?
  5. Mengapa di dataran rendah banyak terdapat lahan persawahan?

Diskusikan pertanyaan dan hasil pengamatan dengan temanmu. Tulis perbedaan yang kamu temukan dari ketiga tempat tersebut.

  1. Dari sisi iklim dan cuaca. Dataran rendah merupakan lokasi yang memiliki iklim cukup panas, kering, dan juga memilii curah hujan yang relatif tinggi. Sedangkan dataran tinggi merupakan lokasi yang memiliki iklim cenderung sejuk, tetapi mimiliki curah hujan yang relatif rendah. Meski begitu, dataran tinggi merupakan lokasi yang cocok untuk lahan pertanian dan juga perkebunan, karena memiliki tanah dengan kualitas unsur hara yang baik.
  2. Dari sisi lokasi ketinggian. Perbedaan dataaran tinggi dan dataran rendah dapat dilihat dari lokasi dan ketinggian dari kedua lokasi dataran tersebut. Secara teoritis, dataran tinggi merupakan suatu dataran yang berlokasi dengan ketinggian diatas 200 mdpl (diatas permukaan laut), sedangkan dataran rendah merupakan suatu dataran yang berlokasi dengan ketinggian dibawah 200 mdpl (diatas permukaan laut).
  3. Dari sisi ekonomi dan sosial. Faktor ekonomi pada dataran rendah lebih menjanjikan dibandingkan dengan dataran tinggi terutama pada bidang pembangunan ekonomi yang menyangkut pada kegiatan industri, perkantoran, dan juga bisnis komersil. Pembangunan ekonomi berupa pembangunan gedung sebagai tempat kegiatan ekonomi lebih mudah dilakukan di dataran rendah karena kontur tanah yang cenderung datar dan rata, sehingga akan memberikan ruang publik untuk kehidupan masyarakat sekitar. Sedangkan untuk lokasi dataran tinggi pembangunan ekonomi lebih menyangkut pada sektor pertanian dan perkebunan karena tanah pada dataran tinggi sangat cocok untuk bidang pertanian dan perkebunan.
  4. Dari sisi potensi pariwisata. Lokasi dataran rendah memiliki potensi pariwisata yang berhubungan dengan pantai yang akan rentan dengan erosi tanah. Selain itu pada lokasi dataran rendah banyak dibangun lokasi pariwisata buatan seperti taman bermain, taman bunga, water park, dan lain sebagainya. Sedangkan pada lokasi dataran tinggi potensi pariwisata terdapat pada pemandangan gunung, bukit, lahan pertanian dan perkebunana yang dapat dijadikan edu-wisata.

 

Ayo Berlatih!

Bacalah teks berikut dan isilah tabelnya.


Pantai

Pantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut, Pantai ada yang landai dan ada pula yang terjal. Pantai yang landai biasanya digunakan untuk objek wisata.

 

Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk peristirahatan, objek wisata dan usaha perkebunan.

 

Dataran Rendah

Dataran rendah adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggian kurang dari 200 meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataran rendah berada di sekitar pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya pertanian, peternakan, perumahan dan industri serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti perkebunan kelapa dan tebu.

No

Aspek

Lokasi

Pantai

Dataran Tinggi

Dataran Rendah

1.

Ciri ciri

Berbatasan langsung dengan laut

Ketinggiannya 500 m dpal

Ketinggiannya kurang dari 200 m dpal

2.

Sumber daya alam

Ikan, rumput laut, dan kerang

Tanaman sayuran dan buah-buahan

Hewan ternak, sayuran dan buah-buahan

3.

Manfaat

Untuk objek wisata

Tempat peristirahatan, objek wisata, dan perkebunan

Pertanian, perkebunan, peternakan, dan industri

4.

Mata pencaharian penduduk

Nelayan dan Petani tambak

Petani dan Pekebun

Petani, Karyawan, dan Buruh

 

Jadi ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan jenis pekerjaan pada wilayah-wilayah tertentu seperti daerah pantai, dataran tinggi, dan dataran rendah. Faktor-faktor tersebut antara lain: iklim dan cuaca, lokasi ketinggian, ekonomi dan sosial, serta potensi pariwisata.

Semoga bermanfaat ya..