Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban Bacaan "Suku Minang"

 

Sebagai warga negara yang baik,kita harus bisa memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar kita. Keragaman dan perbedaaan tersebut antaralain: keragaman sosial, budaya, suku, agama, maupun ekonomi. Mari kita mengenal salah satu suku yang ada di Indonesia, yaitu suku Minang.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang

Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.



Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Carilah gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks “Suku Minang” diatas, tuliskan pada paragraf dibawah ini!

No

Paragraf

Gagasan Pokok

Gagasan Pendukung

1

Paragraf 1

Suku Minang terdapat di Provinsi Sumatra Barat

Suku Minang disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerahnya adalah bahasa Minang.

2

Paragraf 2

Rumah adat suku Minang adalah Rumah Gadang

Lengkung atap rumahnya seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal.

3

Paragraf 3

Alat musik suku Minang disebut telempong

Talempong dimainkan dengan cara dipukul.

4

Paragraf 4

Tarian suku Minang

Tari Pasambahan dan tari Piring

5

Paragraf 5

Makanan khas suku Minang

Rendang dan Sate Padang

 

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, budaya, agama, maupun ekonomi. Oleh sebab itu kita harus bisa memahami dan menghargai segala perbedaan yang ada agar tidak terjadi perpecahan dan terjalin persatuan dan kesatuan antar anggota masyarakat.

Semoga bermanfaat ya..

 

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bacaan "Suku Minang""