Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kunci Jawaban "Burung Cenderawasih


Sumber daya alam yang di Indonesia tidak hanya tanaman atau bahan tambang saja, tetapi hewan juga merupakan sumber daya alam. Sumber daya alam yang ada perlu dijaga kelestarian dan keseimbangannya. Apabila tidak dijaga, maka hewan-hewan yang ada akan menjadi langka dan suatu hari dapat punah. Salah satu hewan asli Indonesia yang keberadaannya mulai langka dan dilindungi adalah burung Cenderawasih. 

Ayo, kita cari tahu lebih lanjut!

 

Ayo Mengamati!

 

Tulis paling sedikit 4 pertanyaan tentang burung cenderawasih di atas!

  1. Apa nama lain burung Cenderawasih?
  2. Mengapa burung cenderawasih mengalami kelangkaan?
  3. Dimana sajakah habitat burung Cenderawasih?
  4. Burung Cenderawasih jenis apakah yang menjadi identitas Provinsi Papua?

Berikanlah pertanyaan tersebut kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Diskusikanlah jawabannya. Untuk melengkapi jawabanmu, bacalah teks berikut.

 

Burung cenderawasih disebut juga sebagai burung surga. Burung yang menjadi maskot Papua ini memiliki warna bulu yang indah. Bahkan, kabarnya karena keindahannya itu juga burung ini jarang turun ke tanah lebih sering terbang dan hinggap di dahan pohon.

Warna bulu cenderawasih yang mencolok biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.

Warna yang bermacam-macam menjadi salah satu penanda untuk mengelompokkan jenis mereka. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur.

Burung cenderawasih mati kawat adalah jenis yang menjadi identitas provinsi Papua. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulu cenderawasih sebagai pelengkap atau hiasan dalam pakaian adat mereka.

Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.

Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa.

Sumber: indonesia.travel (dengan pengubahan)

 

Jawablah pertanyaan berikut.

1.  Jelaskan mengapa burung cenderawasih menjadi salah satu sumber daya alam yang menjadi kebanggaan rakyat Papua dan dilestarikan.

Karena keberadaan burung Cenderawasih semakin lama semakin terancam akibat perburuan liar dan dan perusakan habitat.

2.   Keberadaan burung cenderawasih kian lama kian terancam. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi?

Penyebab yang mengancam keberadaan burung cenderawasih antara lain perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan bulu burung Cenderawasih sebagai penghias topi.

3.     Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih?

Untuk melestarikan burung Cenderawasih dapat dilakukan dengan cara membudidayakan burung tersebut di suaka marga satwa, jangan memburunya, dan tidak merusak habitat aslinya.

4.    Bagaimana kaitan antara perilaku manusia dengan kelangkaan burung cenderawasih? Deskripsikan!

Pemanfaatan burung Cendrawasih sebagai burung peliharaan akan mengganggu kelestariannya karena burung Cendrawasih biasa hidup di alam bebas. Sehingga nanti populasi burung Cendrawasih di alam bebas akan semakin berkurang.

5.       Bagaimana pendapatmu tentang perilaku manusia tersebut?

Menurut saya perilaku manusia tersebut tidak baik karena sebaiknya manusia memperhatikan keletarian burung Cendrawasih. Salah satu cara untuk menjada kelestarian burung Cendrawasih adalah dengan tetap membiarkannya hidup di alam bebas.

6.       Apa akibatnya jika burung cenderawasih punah?

Jika burung Cendrawasih punah maka keberagaman satwa Indonesia akan berkurang.

7.       Apa saranmu agar kelestarian burung cenderawasih tetap terjaga?

Agar kelestarian burung Cenderawasih tetap terjaga diperlukan adanya kesadaran bahwa keanekargaman hewan harus dilestarikan dan tidak digunakan untuk kepentingan segelintir orang saja.

 

Tidak hanya burung Cenderawasih saja yang perlu dilindungi dan dijaga kelesatariannya, tetapi juga hewan-hewan lain terutama pada hewan-hewan yang memang keberadaanya sudah sangat langka seperti badak jawa, penyu hijau, harimau sumatera, elang flores, dan masih banyak lagi. Kalian juga harus belajar melindungi dan merawat hewan-hewan yang ada disekitar kalian ya..

Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban "Burung Cenderawasih"