Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Evaluasi Tematik Tema 2 Kelas IV SD/MI

 

Kelas IV Tema dua Selalu Berhemat Energi terdiri dari beberapa kompetensi dasar. Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi. Berikut ini beberapa kompetensi dasar yang ada pada tema dua kelas IV Sekolah Dasar Kurikulum 2013.

 

IPA

3.5 Memahami berbagai bentuk sumber enargi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai bentuk energi.

 

SBdP

3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.

4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.

 

PPKn

3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

PJOK

3.1 Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*.

4.1 Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

 

Bahasa Indonesia

3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.

4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.

 

IPS

3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi

 

Matematika

3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.

4.3 Menyelesaikan masalah penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.

 

Evaluasi

1.       Tulislah 4 contoh energi alternatif dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk peta pikiran!


2.       Mengapa kita memerlukan energi alternatif?

Energi alternatif diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Energi alternatif juga diperlukan agar dapat menghemat pemakaian sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

 

3.       Apa hubungan antara hak dan kewajiban dengan pemanfaatan energi alternatif? Jelaskan!

Manusia memiliki hak untuk menikmati dan menggunakan hasil pemanfaatan energi. Namun, apabila sumber energi tersebut terus menerus digunakan maka sumber energi akan habis. Oleh sebab itu maka manusia mempunyaikewajiban untuk menghemat pemakaian energi dan menjaga lingkungan.

 

4.       Apa yang perlu diperhatikan ketika membuat teks petunjuk? Jelaskan!

-       Singkat, padat dan informatif

Mencantumkan hal-hal yang dianggap penting dan bahasa yang digunakan pun harus informatif, artinya berisi langkah-langkah yang mudah diikuti oleh pemakai/pengguna.

-       Tidak menyesatkan dan logis

Langkah-langkah diberikan itu harus urut dan sistematis. Antara urutan yang satu dan urutan yang lain harus praktis, logis dan tidak menimbulkan penafsiran ganda pada pemakai.

-       Langsung menuju kepada hal yang akan dilakukan

Memberikan langkah-langkah yang penting dan tidak bertele-tele.

 

5.       Ubah pecahan campuran berikut menjadi pecahan biasa!

a.      3 1/2 = 3 x 2 + 1 = 6 + 1 = 7/2

b.      2 3/4 = 2 x 4 + 3 = 8 + 3 = 11/4

c.       4 2/3 = 4 x 3 + 2 = 12 + 2 = 14/3

d.      5 4/5 = 5 x 5 + 4 = 25 + 4 + 29/5

 

6.       Ubah pecahan berikut menjadi bentuk persen!

a.      3/4 = 3 x 25/4 x 25 = 75/100 = 75%

b.      4/5 = 4 x 20/5 x 20 = 80/100 = 80%

c.       1/10 = 1 x 10/10 x 10 = 10/100 = 10%

d.      3/6 = 1/2 = 1 x 50/2 x 50 = 50/100 = 50%

 

7.       Ubah pecahan persen berikut menjadi pecahan yang paling sederhana!

a.      80% = 80/100 = 80 :20 /100 : 20 = 4/5

b.      60 % = 60 /100 = 60 : 20/100 : 20 = 3/5

c.       25 % = 25/100 = 25 : 25/100 : 25 = 1/4

d.      30 % = 30/100 = 30 :10/100 :10 = 3/10

 

8.    Pada bulan November Lani menggunakan ¾ dari uang belanjanya untuk berbelanja makanan, alat tulis, dan sisanya 2/8 ditabung.

a.       Berapa persen uang yang ditabung? Jelaskan.

2/8 = 2 x 12,5/8 x 12,5 = 25/100 = 25%

b.      Berapa persen uang yang digunakan untuk membeli makanan dan alat tulis? Jelaskan!

3/4 = 3 x 25/4 x 25 = 75/100 = 75%



Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Evaluasi Tematik Tema 2 Kelas IV SD/MI"