Lingkungan yang Sesuai agar Tanaman Subur

 

Potensi pada setiap wilayah di Indonesia berbeda-beda. Ini dikarenakan suhu, tanah,iklim yang berbeda disetiap wilayah. Dimanakah kamu tinggal? Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?



Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Ayo Berlatih!

Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan hewan ternak yang berkualitas? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!

Keahlian yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menhasilkan hewan ternak yang berkualitas antara lain: peternak harus tau karakteristik hewan ternaknya, menjaga kesehatan hewan ternak, memberikan makanan serta minuman yang berkualitas, menjaga kebersihan kandang hewan ternak

Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas

Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!


Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengan subur? Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?

Ayo Berlatih!

Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.

Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.


Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.

Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui, tetapi ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.

 

Ayo Berdiskusi!

1.       Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.

2.       Diskusikan mengenai hal-hal berikut.

a.   Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?

1)      Pegunungan

2)      Dataran rendah

3)      Lainnya (tuliskan menurut pengamatanmu)

b.      Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!

Tempat tinggalku berada didaerah dataran rendah. Potensi sumber daya alam yang ada didaerah ku adalah pertanian. Pertanian karena banyaknya sawah yang luas sehingga penduduk bermata pencaharian sebagai petani.

c.       Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!

3.       Buatlah laporan hasil diskusimu. Tuliskan laporanmu dalam bentuk table seperti berikut!

Lingkungan Daerah Tempat Tinggal

Potensi Sumber Daya

 

Mata Pencaharian atau Pekerjaan Penduduk

 

Purbalingga

Pertanian

Mata pencaharian penduduknya yang paling banyak adalah sebagia petani. Petani yang paling banyak dijumpai di lingkungan daerah tempat tinggal saya adalah petani sawah yang menanam tanaman seperti padi, singkong, ubi jalar, jagung, dan lain sebagainya.

 

4.       Buatlah kesimpulan hasil diskusimu dengan menjawab pertanyaan berikut!

a.       Apakah potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu sesuai dengan lingkungannya?

Ya, potensi sumber daya alam yang ada didaerah tempat tinggal saya sesuai dengan lingkungannya, karena didaerah saya tanah persawahannya luas dan subur sehingga cocok untuk bertani

b.      Apakah mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitarmu sesuai dengan lingkungannya?

Ya, mata pencaharian penduduk didaerah saya sesuai dengan lingkungannya. Daerah persawahan yang luas dan subur sangat cocok untuk bercocok tanam/bertani

 

Lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh dengan subur antara lain: yang memiliki cukup cahaya, nutrisi, air, tanah, kelembapan, dan suhu  yang sesuai dengan tanaman yang ditanam. Sebelum menanam kita juga harus mengetahui tanaman apa yang cocok untuk ditanam didaerah kita tingga. Ini bertujuan agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan subur dan mengasilkan buah atau sayuran yang baik.

Semoga bermanfaat ya..