Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Batu Bara


Sumber daya alam di Indonesia sangat beragam dan berlimpah jumlahnya. Mulai dari sumber daya alam yang bisa diperbarui seperti air, angin, tanah, tumbuhan, dan lain sebagainya, serta sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui seperti minyak bumi, gas bumi, batu bara, dan lain sebagainya. Kali ini kita akan mempelajari tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, yaitu batu bara. Apa saja manfaat dari batu bara? Mari kita pelajari lebih lanjut!

Perhatikan gambar berikut.

 

 

Apakah kamu tahu manfaat lain dari batu bara? Ayo, cari tahu lebih lanjut.

Perhatikan dan analisis informasi tentang batu bara berikut.

Batu bara merupakan sumber energi yang selama ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil, sampai industri. Batu bara cukup berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori batuan sedimen. Proses pembentukan batu bara membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan purba yang kemudian mengendap selama berjuta-juta tahun dan mengalami proses pembentukan batu bara.

 

Berdasarkan hasil analisismu, nyatakan apakah pernyataan 1, 2, dan 3, BENAR atau SALAH.

1.       Batu bara termasuk sumber daya alam yang berlimpah dan mudah diperoleh.

Alasan: salah, karena batu bara termasuk dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui memiliki ketersediaan yang terbatas dan suatu saat akan habis. Sehingga untuk memperolehnya kembali sangat sulit ketika telah habis karena proses pembentukaannya membutuhkan waktu hingga berjuta-juta tahun lamanya.

2.       Batu bara tidak mempunyai pengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat.

Alasan: benar, karena batu bara hanya berfungsi sebagai bahan bakar saja, seperti kereta api dan tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan ekonomi. Batu bara banyak dimanfaatkan mulai dari rumah tangga, usaha kecil sampai industri.

3.       Kita harus menghemat penggunaan batu bara

Alasan: benar, karena batu bara sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari tetapi batu bara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan memiliki ketersediaan yang terbatas dan suatu saat akan habis Oleh karena itu kita harus menghemat penggunan batu bara dalam kehidupan sehari-hari agar ketersediaan batu bara tidak cepat habis.


Meskipun batu bara jumlahnya berlimpah, tetapi kita tetap harus menghemat penggunaannya agar keberadaannya tidak cepat habis karena batu bara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Semoga bermanfaat ya..





Posting Komentar untuk "Manfaat Batu Bara"