Mari, Mengenal Cermin Datar, Cermin Cembung, dan Cermin Cekung

 

Banyak peninggalan-peninggalan dari pada pahlawan yang patut kita jaga. selain nilai-nilai kepahlawanan, ada juga peninggalan-peninggalan berupa barang yang sampai saat ini masih bisa kita lihat. Salah satunya adalah untuk mengenang jasa Bung Tomo, ada beberapa barang milik Bung Tomo yang disimpan di Tugu Pahlawan Surabaya. Salah satu peninggalan Bung Tomo adalah mobil.

Mobil Bung Tomo berjenis Opel Kapitan. Mobil itu berwarna hitam dan menjadi koleksi Museum Tugu Pahlawan di Surabaya.

  

www.travel.detik.comtugu-pahlawan-monas-nya-surabaya

Salah satu hal yang membedakan mobil Bung Tomo dengan mobil sekarang adalah posisi kaca spion. Mobil Bung Tomo hanya memiliki satu kaca spion yang berada di dalam mobil.

Salah satu bagian mobil yang penting adalah kaca spion. Kaca ini bisa menghasilkan bayangan yang lebih kecil dari ukuran benda sebenarnya. Tahukah kamu bagaimana sifat cermin?

Bagian lain dari mobil adalah lampu. Pada lampu terdapat permukaan cekung yang menyerupai cermin cekung. Cermin cekung ini berfungsi untuk memfokuskan cahaya sampai jarak jauh.

 

Sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang cermin. Siapkan peralatan berikut!

1.       Cermin cembung: Bagian cembung sendok atau spion

2.       Cermin cekung : Bagian cekungan sendok

3.       Cermin datar

Lihatlah bayangan pada tiap cermin, lalu tulislah bayangan yang dihasilkan.


No

Nama cermin

Bayangan yang dihasilkan

1

Cermin datar

  • Bayangan yang terjadi sama besar dengan benda.
  • Bayangan yang terjadi sama tegak.
  • Jarak benda sama dengan jarak bayangan
  • Bayangan cermin tertukar sisinya, artinya bagian kanan benda menjadi bagian kirinya.
  • Bayangan cermin merupakan bayangan semu, artinya bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.

2

Cermin cembung

  • Sifat bayangan pada cermin cembung selalu maya, tegak, dan diperkecil

3

Cermin cekung

  • Jika benda berada di ruang I, maka bayangan berada di ruang IV. Sifat bayangannnya adalah maya, tegak, dan diperbesar.
  • Jika benda berada di ruang II, maka bayangan berada di ruang III. Sifat bayangannnya adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.
  • Jika benda benda berada di ruang III, maka bayangan berada di ruang II. Sifat bayangannya adalah nyata, terbalik, dan diperkecil

 

Cermin datar adalah cermin yang mempunyai permukaan datar, di mana salah satu permukaannya dilapisi dengan logam pemantul. Bayangan benda yang dibentuk oleh cermin datar memiliki ukuran (panjang dan lebar) yang sama seperti ukuran aslinya. 

Cermin cembung merupakan sebuah cermin yang bentuk permukaannya melengkung keluar atau kedepan. Cermin cembung memiliki sifar divergen (menyebarkan cahaya). Jika ada cahaya yang datang dan mengenai cerimin cembung, maka cahaya tersebut akan dipantulkan kembali dari 1 titik dan menyebar ke segala arah. Sifat bayangan cermin cembung adalah maya, tegak diperkecil.

Cermin cekung adalah sebuah cermin yang bentuk permukaannya melengung kebelakang seperti bagian dalam bola. Sifat bayangan cermin cekung sebenarnya tergantung pada letak benda. Jika benda berada di ruang I bayangan maya tegak dan diperbesar. Benda di ruang II maka bayangannya nyata, terbalik dan diperbesar. Kalau benda berada di ruang III maka bayangan nyata, terbalik dan diperkecil.

Kamu dapat membuktikan sifat-sifat dari kertiga cermin diatas menggunakan cermin dan sendok seperti percobaan diatas. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat ya..