Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mari Mengenal Sultan Agung, Raja Kerajaan Mataram

 

Sebelumnya kita sudah belajar tentng niai-nilai kepahlawanan Sultan Haanuddin. Nah, sekarang mari kita belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan Sultan Agung yaitu Raja Kerajaan Mataram. Pada masa kepemiminan Sultan Agung memiliki peninggalan dalam bidang budaya yaitu seni dan kalender Jawa. Peninggalan beliau itu mewarnai budaya masyarakat Jawa.

Bacalah teks berikut dalam hati.

Sultan Agung, Sultan Besar


Sultan Agung adalah salah satu raja terkenal yang hidup pada masa Islam. Beliau adalah Raja Mataram. Sultan Agung memerintah antara tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada saat itu.

Selain dikenal gigih melawan Belanda, Sultan Agung juga diketahui sebagai budayawan. Sultan Agung memberi perhatian besar pada kebudayaan Mataram.

Beliau memadukan kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir Utara dengan kalender Saka yang masih dipakai di pedalamanan. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending.

Sultan Agung menetapkan bahasa Bagongan sebagai bahasa yang harus digunakan oleh bangsawan dan pejabat di lingkungan keraton untuk menghilangkan kesenjangan.

 

Perhatikan tabel berikut. Isilah lebih dulu kolom sebelah kiri. Kamu bisa mengisinya berdasarkan teks yang kamu baca atau dari pengetahuanmu sebelumnya.

Selanjutnya isilah kolom di sebelah kanan.

Apa yang kamu ketahui tentang Sultan Agung?

Apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang Sultan Agung?

Sultan Agung memerintah antara tahun 1613-1645. Di bawah kepemimpinannya, Mataram berkembang menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara

Bagaimana cara Sultan Agung dalam melawan belanda dan peninggalan bersejarah apa saja yang ada pada masa Sultan Agung

 

Sultan Agung merupakan raja yang gigih dalam melawan penjajah Belanda pada masanya. Beliau juga sangat perhatian terhadap kebudayaan Mataram. Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah Sastra Gending. 

Kisah tentang Sultan Agung juga sudah dijadikan film pada tahun 2018 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan judul Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta. Film ini mengisahkan tentang perjuangan Sultan Agung menyatukan kembali para adipati yang tecerai berai akibat fitnah yang dilakukan VOC. Kamu juga bisa mencari dan menonton filmnya bersama teman-teman.

Semoga bermafaat ya..



Posting Komentar untuk "Mari Mengenal Sultan Agung, Raja Kerajaan Mataram"