Perubahan Energi pada Kegiatan Sehari-hari

 

Sumber energi yang ada di bumi sangat banyak dan beragam, dari mulai sumber energi yang dapat diperbarui dan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Semua sumber energi tersebut memiliki manfaat untuk memnuhi kebutuhan dan menunjang kehidupan manusia. Jika manusia dapat mengolah dengan baik, sumber energi yang ada dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kehidupan manusia.

Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak.

Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya.

Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini.

No

Kegiatan

Sumber Energi yang Digunakan

Perubahan Energi

1

Energi angin

Energi angina menjadi energi listrik

2

Energi listrik

Energi listrik menjadi energi panas

3

Energi panas

Energi panas menjadi energi kimia

4

Energi panas

Energi panas menjadi energi kimia

5

Energi listrik

Energi listrik menjadi energi mekanik

 

Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.



Ternyata kegiatan kita sehari-hari tidak bisa lepas dari memanfaatkan sumber energi yang ada. Kalian bisa bisa melakukan diskusi bersama teman-teman mu untuk mengetahui kegiatan apa saja yang memanfaatkan ssumber energi dan perubahannya energi yang ada pada setiap kegiatan.

Semoga bermanfaat ya..