Proses Pembuatan Pensil


Alat apa yang kalian gunakan untuk menulis dan menggambar?

Ya, pensil. Pensil merupakan alat tulis yang berbahan dasar grafit. Apakah kalian tahu cara pembuatan pensil dari grafit sampai menjadi pensil yang kita gunakan sekarang? Mari kita pelajari bersama.


Ayo Mencoba!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja pembuat pensil? Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah.

Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas  atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu.

Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Bendabenda lain yang terbuat dari kayu juga berasal dari pohon. Agar terjaga kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.

1.       Berdasarkan teks bacaan di atas, ceritakan proses pembuatan pensil dalam kolom berikut!



2.       Sumber daya alam apa yang digunakan untuk pembuatan pensil?

Sumber daya alam yang digunakan dalam pembuatan pensil adalah kayu sebagai pelapis pensil, grafit dan tanah liat sebagai isi pensil

3.  Apa yang terjadi bila penggunaan pensil dan barang-barang lain yang terbuat dari kayu tidak dibatasi?

Apabila penggunaan pensil dan barang-barang lain yang menggunakan bahan kayu tidak dibatasi maka ketersediaan kayu akan berkurang. Selain itu penebangan kayu tanpa usaha penanaman kembali akan menyebabkan berkurangnya persediaan kayu

4.  Berikan saranmu agar dapat menggunakan pensil secara hemat sebagai salah satu cara untuk melestarikan lingkungan!

Untuk menghemat penggunaan pensil dapat dilakukan dengan cara meraut menggunakan rautan pensil karena akan mengurangi resiko patah pada saat meraut pensil

Barang-barang yang kita butuhkan merupakan hasil dari suatu pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang antara lain petani, peternak, nelayan, dan perajin. Selain pekerjaan yang menghasilkan barang, ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan, seperti dokter, polisi, guru, dan pemangkas rambut (tukang cukur).

Barang-barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan sangat beragam. Banyak diantaranya yang memanfaatkan sumber daya alam di Indonesia. Sumber daya alam merupakan kekayaan alam yang diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan manusia.

Perhatikan tabel di bawah!

Tuliskan jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber daya alam yang digunakan!

Pekerjaan

Barang yang Dihsilkan

Bahan Asal Benda

Jenis Sumber Daya Alam yang Digunakan

Tukang Kayu

Almari, meja, kursi, dan perabot rumah lainnya

Kayu

SDA yang dapat diperbaharui

Pemerah Susu

Susu

Hewan

SDA yang dapat diperbaharui

Penambang

Batu bara

Tumbuhan

SDA yang dapat diperbaharui

Petani

Padi, sayur, dan buah

Tumbuhan

SDA yang dapat diperbaharui

 Nelayan

Ikan

Hewan

SDA yang dapat diperbaharui

 

Amati tabelmu!

1.      Jenis sumber daya alam apa saja yang kamu manfaatkan?

Hewan dan tumbuhan

2. Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaannya?

Kita harus menggunakan barang-barang yang kita miliki dengan bijak, dan sesuai kebutuhan. Jika kita tidak bijak dalam menggunakannya maka akan mengancam ketersediaan sumber daya alam yang dijadikan bahan baku barang-barang tersebut.

 

Barang-barang yang dihasilkan dari suatu pekerjaan banyak diantaranya yang menggunakan sumber daya alam. Meskipun sumber daya alam yang digunakan jumlahnya melimpah dan dapat diperbarui, kita harus tetap memanfaatkan barang-barang tersebut dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Jika kita tidak menanfaatkannya secara bijak dan bertanggung jawab tidak menutup kemungkingan sumber daya alam tersebut akan terus berkurang ketersediaannya.

Semoga bermanfaat ya..