Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya

 

Sumber daya alam tidak hanya berupa minyak bumi, gas bumi, dan batu bara saja. Indonesia memiliki sumber daya alam berupa rempah-rempah seperti jahe, temulawak, cengkeh,kunyit, dan lain sebagainya. Sumber daya tersebut biasa diolah menjadi makanan atau minuman. Banyak makanan dan minuman tradisional yang memanfaatkan rempah-rempah sebagai bahan utamanya. Rempah-rempah juga dapat dijadikan sebagai obat-obatan tradisional. Seperti cerita Lani di bawah ini, mari kita simak!


Saat sedang belajar bersama di rumah Lani, Beni terlihat tidak sehat. Seringkali ia batuk. Lani kemudian dipanggil Ibu. Mereka berdua berbicara di dapur. Tidak lama kemudian, Lani datang membawa secangkir air. Ia menyodorkan minumannya kepada Beni dan meminta meminumnya. Setelah itu, Beni terlihat lega. Teman-temannya bertanya kepada Lani tentang minuman tersebut.

Lani menerangkan bahwa ia baru saja memberi Beni air jahe. Ibu Lani membuat minuman dari jahe yang dicampur dengan sedikit gula. Di belakang rumah Lani banyak tanaman Jahe. Banyak orang percaya bahwa jahe bisa membuat tenggorokan lega saat kita batuk. Jahe pun membuat tubuh hangat.

 

Tahukah kamu, Indonesia memiliki sumber daya alam yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Sumber daya alam tersebut dijual di pasar dan bisa dinikmati oleh siapa saja.

Temulawak, kunyit, jahe, bawang putih, kencur, dan cengkeh merupakan contoh sumber daya alam Indonesia yang jumlahnya berlimpah. Banyak masyarakat memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Kunyit merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, obat tradisional, bahkan sebagai pewarna alami.

Sebagai salah satu bahan baku obat tradisional, kunyit banyak dicari masyarakat, baik di Indonesia maupun dari luar negeri. Semakin hari, semakin banyak peminat kunyit dari negaranegara lain. Para petani sangat gembira dengan banyaknya peminat kunyit tersebut.



Minuman kunyit asam merupakan minuman yang banyak diminum oleh penduduk Indonesia. Selain menyegarkan, minuman ini pun dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh. Awalnya minuman ini banyak dinikmati oleh penduduk di jawa. Namun, saat ini minuman kunyit asam dapat dinikmati oleh banyak penduduk Indonesia hampir di seluruh provinsi. Minuman ini sudah dibuat dalam bentuk yang lebih praktis, yaitu dalam bentuk kemasan. Pembeli bisa langsung menyeduhnya dengan air hangat.



Wah, hebat bukan? Ternyata sumber daya alam Indonesia yang berlimpah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Banyak pula peminat yang berasal dari luar Indonesia untuk membelinya.

Bersama temanmu, temukanlah sumber daya alam Indonesia lainnya yang banyak dijumpai di pasar. Sumber daya alam yang kalian diskusikan adalah sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat. Bukan saja bermanfaat di dapur sebagai bumbu masak, namun juga bermanfaat untuk kebutuhan lainnya.

No

Sumber Daya alam

Pemanfaatan

Tempat Dipasarkan

1

Kayu

Bahan bangunan, bahan perabotan

Toko mebel

2

Jahe

Bumbu masak, obat tradisional

Pasar, supermarket

3

Kunyit

Bumbu masak

Pasar, supermarket

4

Kelapa

Bahan pembuat minyak, bahan untuk memasak

Pasar, supermarket

5

Minyak bumi

Bahan bakar minyak

POM, Pertamina

6

Emas

Bahan perhiasa, investasi

Toko perhiasan/emas

7

Tebu

Bahan gula, pemanis

Pasar, supermarket

8

Cengkeh

Bumbu masak, bahan minyak

Pasar, supermarket

9

Temulawak

Bumbu masak, obat tradisional

Pasar, supermarket

10

Besi

Kerangka bangunan

Toko bangunan

Sumber daya alam yang berlimpah dimaksudkan agar manusia bisa memanfaatkannya untuk kehidupannya. Sebagai rasa syukur, kita perlu menjaga keberadaannya dan memanfaatkan secara bertanggung jawab segala sumber daya yang ada. 

Semoga bermanfaat ya..



 

 

Posting Komentar untuk "Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya"