Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan Negara

 

Indonesia merupakan negara dengan sumber daya yang berlimpah mulai dari jumlah dan ragam jenisnya. Sumber daya alam yang ada tersebar dari Sabang sampai Merauke yang memiliki wilayah yang berdeda-beda. Perbedaan wilayah ini membuat sumber daya yang ada pada tiap wilayah juga berbeda-beda dan memiliki kekhasan masing-masing.

Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi dua: sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Seperti telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya, sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali meskipun kita telah menggunakannya. Sumber daya alam ini tidak akan habis jika kita dapat mengelolanya dengan baik. Hasil pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan merupakan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Adapun sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang tidak dapat dihasilkan lagi setelah kita menggunakannya.

Sumber daya ini memiliki jumlah terbatas. Minyak bumi, batu bara, gas, dan barang-barang tambang lainnya merupakan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu, kita harus mengelolanya dengan baik.

Di bawah ini tabel contoh-contoh jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam Bukan Logam

Sumber Daya Alam Logam

Sumber Daya Alam Industri

Aspal

Batu bara

Minyak bumi

Gas alam

Emas

Perak

Mangan

Nikel

Pasir besi

Platina

Timbal

Timah

Berlian

Belerang

Fosfat

Gamping

Batu kapur

Yodium

Asbes

Gipsum

 

Ayo Berlatih

1. Berilah contoh hasil sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya hasil pertanian, perkebunan, perikanan, hasil hutan dan hasil peternakan yang ada di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, atau provinsimu). Tuliskan pada tabel berikut.

Hasil Pertanian

Hasil Perkebunan

Hasil Perikanan

Hasil Hutan

Hasil Peternakan

Pagi

Tebu

Rumput laut

Kayu manis

Ayam

Kacang kedelai

Teh

Mutiara

Cendana

Lebah

Gandum

Kopi

Ikan

Pasak bumi

Ulat sutera

Cabai

Kelapa sawit

Teripang

Kemiri

Bebek

Kentang

Kakao

Udang

Sagu

Sapi

 

2.   Agar menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, buatlah daftar yang memuat contoh barang tambang yang dihasilkan di daerah tempat tinggalmu (kota, kabupaten, propinsi).

Bahan Tambang Organik

Bahan Tambang Logam

Bahan Tambang untuk Industri

Batu bara

Pasir besi

Gamping

Gas bumi

Mangan

Fosfat

Minyak bumi

Emas

Uranium

Aspal

Nikel

Nikel

Aftur

Perak

Belerang

* Bahan tambang organik adalah bahan tambang yang berasal dari tumbuhan atau makhluk hidup kecil yang terpendam selama jutaan tahun lamanya.

Agar lebih memahami tentang persebaran sumber daya alam, amatilah peta persebaran sumber daya alam berikut.

Negara kita dikenal sebagai penghasil barang-barang tambang. Minyak bumi, gas alam, tembaga, dan emas merupakan sebagian dari hasil kekayaan alam kita. Setelah diolah, barang-barang tambang tersebut dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan. Namun demikian, hasil tambang tidaklah merata persebarannya, baik jumlah maupun jenisnya.


Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan

Sumber daya alam yang kita miliki, baik hayati maupun nonhayati menjadi modal utama pembangunan. Selain dari pajak, modal utama pembangunan juga berasal dari penjualan sumber daya alam. Misalnya bahan-bahan tambang dan hasil pertanian yang dijual atau diekspor ke negara lain. Dari situlah kita mendapatkan uang untuk membiayai pembangunan.

Banyak sekali sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Beberapa yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi, misalnya hasil per tanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan per tambangan.

Salah satu sumber daya alam yang kita miliki berupa kelapa sawit. Kelapa sawit dapat dimanfaatkan untuk membuat minyak goreng, margarin, dan bahan baku sabun. Pemanfaatan kelapa sawit menjadi beberapa produk tersebut merupakan usaha pemanfaatan sumber daya alam untuk kegiatan ekonomi. Masih banyak contoh lain tentang pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi.

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Sumber Daya Alam sebagai Modal Pembangunan”. Carilah informasi penting pada bacaan tersebut. Selanjutnya, lengkapilah gambar pada peta pikiran berikut.

 

Ayo Berlatih

Lakukan wawancara untuk memperoleh data tentang pemanfaatan sumber daya alam baik hayati maupun nonhayati dalam kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalmu. Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, saudara, atau tetangga mu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

 

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama

: Sanusi

Pertanyaan yang diajukan

: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?

Hasil Wawancara

:

 

 

No

Nama Narasumber

Jawaban

1

Budi

Akan terjadi tanah longsor

2

Rani

Akan terjadi kebakaran hutan

3

Yudi

Terjadinya pencemaran udara

4

Edo

Punahnya hewan karena habitatnya yang rusak

5

Fani

Rusaknya lingkungan sekitar

 

Kesimpulan: sebagai manusia yang bergantung pada alam kita mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melesatarikan lingkungan agar lingkungan tetap nyaman dan sehat untuk ditinggali oleh manusia maupun mahluk hidup lainnya.

 

Setelah melakukan wawancara kamu menjadi semakin tahu tentang akibat jika kita tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam. Maka dari itu kalian harus tetap menjaga lingkungan alam ya agar kelestariannya tetap terjaga dan terhindar dari bencana alam akibat kelalaian manusia.

Semoga bermanfaat ya..