Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teknik Dasar Langkah dalam Pencak Silat

 


Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang dikenal dunia. Bahkan batik sudah diakui oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda pada sidang UNESCO di Abu Dhabi. Tahukah kamu, warisan budaya Indonesia apalagi yang dikenal dunia?
Melalui bidang olahraga, pencak silat merupakan warisan budaya dari Indonesia yang mendunia. Tahukah kamu nama atlet silat yang ada di Indonesia?

Sumber: cinemags.id

Iko Uwais adalah salah satu atlet silat Indonesia. Ia telah menekuni dunia silat lebih dari 10 tahun. Iko Uwais berhasil menduduki urutan ketiga dalam gelaran Turnamen Silat Provinsi Jakarta 2003. Dua tahun kemudian ia berhasil menjadi juara. Iko adalah juara di Kejuaraan Silat Nasional kategori demonstrasi. Iko beberapa kali mengikuti kegiatan pencak silat di luar negeri seperti di Inggris, Rusia, Laos, Kamboja, dan Prancis.

Pencak silat merupakan seni bela diri bangsa Indonesia. Hampir tiap daerah di Nusantara memiliki tokoh pendekar silat kebanggaan. Pencak silat memiliki gerakan unik yang mengalir dengan koreografi layaknya tarian. Dalam tiap gerakan juga terkandung filosofi. Hal ini membuat pencak silat menjadi salah satu ilmu bela diri yang menarik minat dunia. Sebagai generasi penerus, kamu mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan pencak silat. Salah satu caranya adalah dengan mempelajarinya.

 

Ayo Mencoba!

Kamu akan mempelajari olahraga bela diri pencak silat. Kamu akan mempelajari teknik dasar dalam gerakan pencak silat. Teknik dasar tersebut meliputi langkah, pasang, serangan, dan belaan. Mari kita pelajari terlebih dahulu langkahnya!

Amati gambar berikut!

 

Amati gambar tentang pola langkah dalam pencak silat berikut:

1.     a. A1-D1 : Langkah lurus depan kiri

b. A2-D1 : Langkah lurus depan kanan

c. A1-D2 : Langkah lurus mundur kiri

d. A2-D2 : Langkah lurus mundur kanan


2.     a. A1-B1 : Langkah samping kiri

b. A2-B2 : Langkah samping kanan


3.     a. A1-C1 : Langkah serong depan kiri

b. A2-C2 : Langkah serong depan kanan

c. A1-C3 : Langkah serong belakang kiri

d. A2-C4 : Langkah serong belakang kanan

 

Perhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru dengan teliti, setelah kalian paham gerakannya kalian bisa mencoba mempraktikkannya.

Semog bermanfaat ya..


 

Posting Komentar untuk "Teknik Dasar Langkah dalam Pencak Silat"