Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur-Unsur yang Mempengaruhi Keadaan Tanah

 

Tahukah kamu bahwa jenis tanaman yang berbeda mempunyai tempat yang berbeda untuk tumbuh?Tanaman memerlukan lingkungan yang sesuai agar dapat tumbuh dengan baik. Seperti tanaman padi yang tidak dapat ditanam di daerah dataran tinggi karena tanahnya yang mengandung bahan organik, begitu pula dengan teh yang tidak dapat ditanam di daerah dataran rendah yang tanahnya berlumpur. Untuk lebih jelasnya ayo kita cari tahu!


Ayo Mengamati!

Amati gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh berikut. Di manakah padi dan teh biasa tumbuh? Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?

PADI

Padi umumnya tumbuh di daerah yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup.

Sinar matahari dan suhu sangat mempengaruhi tanaman padi. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah 23°C.

Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi berkisar antara 0 - 1.500 m di atas permukaan laut.

Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah berlumpur yang subur dengan ketebalan 18 - 22 cm. Diperlukan pengairan yang cukup agar padi dapat tumbuh dengan baik.

 

TEH

Teh umumnya tumbuh di daerah pegunungan.

Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh adalah berkisar 13°C – 15°C dengan curah hujan tahunan tidak kurang dari 2.000 mm3.

Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman teh. Bila suhu mencapai 30°C, maka akan memperlambat pertumbuhan tanaman teh.

Tanah yang cocok untuk tanaman teh adalah tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik dan biasanya terletak di lereng-lereng gunung atau perbukitan.

 

·         Apa kesimpulanmu tentang tanaman padi dan teh di atas?

Sinar matahari dan suhu yang hangat sangat mempengaruhi tanaman padi. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah 23°C. Tanaman teh akan tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu 13°C – 15°C.

·         Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh?

Tanaman padi tumbuh pada tempat yang berhawa pans, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup, sedangkan tanaman teh pada umumnya tumbuh di daerah pegunungan.

·    Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan? Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah? Jelaskan alasanmu.

Tanaman padi dapat tumbuh di daerah pegunungan jika tanah di daerah pegunungan tersebut banyak mengandung praksi pasir, debu dan lempung. Tanaman teh dapat tumbuh dipersawahan jika didaerah persewahan tersebut bersuhu dingin dengan tanah banyak mengandung bahan organik.

·   Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman? Jelaskan.

Ya, keadaan iklim sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, selain itu juga suhu dan kandungan unsur tanah sangat mempengaruhu pertumbuhan tanaman.

·   Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tumbuhan dapat tumbuh dengan baik?

Sebelum menanam tumbuhan, kita perlu memperhatikan: kualitas tanaman itu sendiri, kualitas tanah, kondisi lingkungan (suhu), cuaca (Hujan atau Kemarau), dan perawatan tanaman.

 

 

Ayo Berdiskusi!

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).

 

Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).

 

Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut

Hasil suatu jenis tanaman bergantung pada interaksi antara faktor genetis dan faktor lingkungan seperti jenis tanah, topografi, pengelolaan, pola iklim dan teknologi. Dari faktor lingkungan, maka faktor tanah merupakan modal utama. Keadaan tanah sangat dipengaruhi oleh unsur-unsur iklim, yaitu hujan, suhu dan kelembaban.

  1. Curah hujan memiliki peranan penting dapal pertumbuhan dan produksi tanaman pangan. Hal ini disebabkan karena air sebagai pengangkut unsur hara dari dalam tanah melui akan yang kemudian didistribusikan kebagian lain tanaman tersebut.
  2. Suhu dan tanah mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Misalnya pada tanaman teh, suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh adalah berkisar 13°C – 15°C dan tanah yang cocok untuk tanaman teh adalah tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik. Apabila suhu pada daerah penanaman teh lebih dari 30°C akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman teh.
  3. Air merupakan faktor yang penting dapam produsi tanaman khususnya tanaman pangan. Ketersediaan air dan kelembaban tanah merupakan faktor yang penting dalam pertanian, karena tanaman pangan memperoleh persediaan air dari akar. Jumlah air yang berlebih dalam tanah akan mengubah berbagai proses kimia dan biologis yang membatasi jumlah oksigen dan meningkatkan pembentukan senyawa yang berbahaya bagi akar tanaman. Curah hujan yang lebat dapat menggangu pembungaan dan penyerbukan.

Tumbuhan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Selain untuk makanan, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk karya seni, seperti karya seni kolase.  Beberapa tumbuhan seperti bunga juga dapat dijadikan sebagai penyegar lingkungan.

Semoga bermanfaat ya..