Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Komputer, apa saja di dalamnya?

Ada banyak sekali peralatan teknologi informasi dan komunikasi di sekeliling kita yang sering kita gunakan dalam  kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah Komputer.

    Kata atau istilah “komputer” (bahasa Inggris “Computer”) berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Pada jaman dulu komputer digunakan sebagai mesin penghitung yang cepat dan dapat menginput data yang kemudian akan diproses sehingga dapat mengeluarkan output berupa informasi.

Apa itu Komputer, apa saja di dalamnya?


    Untuk dapat membuat komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsi dan manfaatnya, maka komputer memerlukan komponen penting yang dibutuhkan oleh komputer. Komponen tersebut adalah hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (pengguna komputer). Ketiga komponen tersebut harus saling berhubungan sehingga dapat membentuk satu kesatuan yang membuat komputer dapat bekerja secara maksimal.

1. HARDWARE (Perangkat Keras)

    Perangkat keras komputer (hardware) merupakan semua bagian fisik (dapat kita lihat dan sentuh) yang terdapat dalam suatu komputer. Secara fisik, komputer terdiri dari 3 bagian, yaitu CPU (Central Processing Unit), keyboard (papan ketik), dan monitor (layar komputer). Sebuah komputer setidaknya memiliki ketiga komponen tersebut agar dapat digunakan untuk memasukkan data,memproses data, dan menghasilkan informasi.

        a. CPU (Central Processing Unit)

a. CPU (Central Processing Unit)


CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya. Didalam CPU juga terdapat banyak perangkat hardware lainnya, Seperti Motherboard, Processor, Harddisc, RAM, FAN (Kipas Pendingin), dan masih banyak lagi.

           b. Keyboard (Papan Ketik)

b. Keyboard (Papan Ketik)

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras atau hardware pada komputer. Fungsi alat ini yaitu sebagai alat untuk menginput data yang berupa angka, huruf, ataupun simbol-simbol. Keyboard memiliki 2 macam port yakni PS2 dan USB, tetapi semakin canggihnya teknologi sudah ada keyboard yang berkembang menjadi keyboard tanpa kabel atau wireless. Keyboard juga memiliki berbagai macam jenis, seperti Keyboard QWERTY, Keyboard DVORAK, Keyboard KLOCKENBERD, Keyboard MALTRON, Keyboard CHORD.

            c. Monitor (LCD)

c. Monitor (LCD)


Monitor adalah perangkat keras yang dipakai untuk menampilkan output data grafis yang berasal dari sumber-sumber data grafis seperti cpu, satelit, dan berbagai sumber data grafis lainnya. Jenis jenis monitor, Monitor CRT (Chatode Ray Tube), Monitor LCD (Liquid Cristal Display), Monitor LED (Light Emiting Diode), Monitor Plasma.


2. SOFTWARE (Perangkat Lunak)

Hardware dalam komputer dapat dianalogikan sebagai tubuh sedangkan software dalam komputer dapat dianalogikan sebagai jiwa. Untuk dapat menjalankan tugasnya maka komputer harus memiliki keduanya yaitu, hardware dan software.

    Software adalah perintah-perintah yang membuat komputer dapat melaksanakan tugas dari perintah yang diberikan yang dibuat dengan bahasa khusus. Penyusunan software berdasarkan teori informasi adalah dengan mengumpulkan data, lalu data diseleksi dan diurutkan menjadi suatu informasi, kemudian informasi disusun secara sistematis sehingga menjadi pengetahuan lalu dari pengetahuan berkembang menjadi suatu perintah, terakhir perintah dijalankan dalam proses aplikasi. Ada beberapa jenis Software dalam Komputer yaitu, Software Aplikasi, Software Sistem, Software Operasi.

            a. Software Aplikasi

a. Software Aplikasi


Software aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer untuk menjalan task spesial. Contoh Software Aplikasi, Microsoft Word, Microsoft Exel, Power Point, Microsoft Teems, Google Crome, Youtube, Zoom, dan masih banyak lagi.

            b. Software Sistem

Jika software aplikasi identik dengan membantu manusia menyelesaikan tugas digitalnya, software sistem identik dengan sesuatu yang mendasari kinerja dari software aplikasi.

            c. Software Operasi

c. Software Operasi


Sistem operasi adalah esensial koleksi atau kumpulan software aplikasi yang termanajemen dalam sebuah sistem dasar. Sistem operasi adalah software sistem layaknya induk yang menaungi tempat operasional penggunaan dari software aplikasi. Tanpa adanya sistem operasi, software aplikasi tidak akan dapat dijalankan dalam komputer.Contoh sistem operasi adalah, Windows, Linux, MacOS, Android, IOS, Ubuntu.


3. BRAINWARE (USER)

3. BRAINWARE (USER)


    Brainware adalah orang yang menggunakan, memakai ataupun mengoprasikan perangkat komputer. Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. Contoh dari brainware yaitu programmer, netter, serta orang yang sedang menggunakan perangkat komputer.

    Nah, itu adalah pengertian dari Komputer dan Komponen yang ada di dalaamnya. Sekarang jadi lebih paham kan tentang dasar dalam dunia Komputer, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Komputer, apa saja di dalamnya?"