Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

    Topologi merupakan suatu pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola ini sangat erat kaitannya dengan metode access dan media pengiriman yang digunakan. Topologi yang ada sangatlah tergantung dengan letak geografis dari masing-masing terminal, kualitas kontrol yang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun penyampaian pesan, serta kecepatan dari pengiriman data. Ada beberapa topologi jaringan komputer, yaitu topologi ring, bus, star, mesh, dan tree.

1. Topologi Ring 

Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4.

Topologi Ring

2. Topologi Bus 

Pada topologi bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan. Keunggulan topologi bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
Topologi Bus

3. Topologi Star 

Topologi Star merupakan topologi jaringan yang bentuknya berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Masing- masing workstation dihubungkan langsung ke Hub atau Switch. Hub atau Switch berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semua komputer yang terhubung dengan Hub atau Switch tersebut. 
Topologi Star

4. Topologi Mesh 

Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat saling terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang berada dalam satu jaringan. Pada topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi secara langsung dengan perangkat lain karena perangkat saling terhubung secara langsung atau bisa disebut dengan istilah dedicated links.

Topologi Mesh


5. Topologi Tree. 

Topologi tree adalah salah satu dari topologi jaringan komputer yang paling banyak diterapkan didalam pembuatan sebuah jaringan komputer. Dengan bentuk menyerupai pohon dengan ranting-ranting, topologi ini akan mencakup lebih banyak komputer yang dapat terhubung dengan jaringan komputer. Didalam topologi tree terdapat sebuah perangkat (switch atau hub) pada level teratas yang menjadi pusat utama komunikasi bagi semua komputer yang terhubung.
Topologi Tree.
    Itulah sekilah pengertian dan beberapa macam Topologi Jaringan Komputer yang sering di gunakan dalam penerapan jaringan. terimakasih.

Posting Komentar untuk "TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER"