Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transmisi Data

    Pengembangan besar-besaran sedang terjadi dalam komputer dan komunikasi, berawal dari sisi sistem integrasi sampai sistem komponen dan juga proses sistem integrasi yang mentransmisi semua data dan informasi. Baik dari sisi standar teknologi maupun teknik organisasi akan dialihkan ke sistem publik tunggal dimana akan menggabungkan semua model komunikasi dengan segalai nformasi data serta seluruh sumber data yang dapat diakses oleh semua orang. Transmisi adalah pergerakan informasi melalui sebuah media telekomunikasi. Transmisi memperhatikan pembuatan saluran yang dipakai untuk mengirim informasi, serta memastikan bahwa informasi sampai secara akurat dan dapat diandalkan.

Medium transmisi dapat artikan sebagai: 

1) Guided media ( Media terpadu ): adalah gelombang-gelombang yang diarahkan lewat jalur fisik. Contohnya: kabel koaksial, twisted pair dan serat optik. 

2) Un-guided media ( Media tak terpadu ): adalah media yang mengatur peralatan untuk bisa mentransmisi gelombang elektromagnetik tetapi tidak dapat mengarahkannya. Contohnya: menyebarkan udara, laut dan ruangan hampa udara.

Sistem transmisi (menurut definisi ANSI): 

1) Full-duplex, merupakan stasiun yang dapat melakukan transmisi dengan cara yang bersamaan, lalu medium membawanya ke dua arah dengan waktu yang bersamaan. 

2) Half-duplex, merupakan stasiun yang bisa melakukan transmisi, tetapi hanya satu kali dalam kurun waktu satu kali. 

3) Simplex, merupakan sinyal yang ditransmisikan ke dalam satu arah. Stasiun bertindak sebagai pengirim dan stasiun lainnya berperan sebagai penerima.

    Pengiriman data menggunakan media kabel adalah sebagai penghubung satu komputer dengan komputer lainnya. Adapun tipe-tipe kabel yang digunakan dalam media transmisi antara lain.

>Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) 

Kabel twisted pair terdiri dari dua tipe yaitu shielded and unshielded. Unshielded Twisted Pair (UTP) adalah yang paling popular dan umumnya merupakan pilihan yang terbaik untuk jaringan sederhana. 

>Kabel Shielded Twisted Pair (STP) 

Kekurangan kabel jenis ini adalah sangat sensitive terhadap sinyal radio dan listrik. Kabel seperti sangat baik digunakan dimana lingkungan pengaruh listrik kurang, serta biasanya digunakan pada jaringan yang menggunakan topologi Token Ring. 

>Kabel Coaxial 

Kabel Coaxial adalah kabel yang memiliki satu Copper Conductor dibagian tengahnya. Sebuah lapisan plastic menutupi diantara konduktor dan lapisan pengaman serat besi. Lapisan serat besi tersebut membantu menutupi gangguan dari arus listrik, lslulintas kendaraan atau mesin , dan komputer. 

>Kabel Fibre Optic 

Kabel fibre optic (serat optik) mempunyai kemampuan mentransmisi sinyal melalui jarak yang relative jauh dari pada kabel coaxial ataupun kabel twisted, serta mempunyai kecepatan yang baik.  

terimakasih.

Posting Komentar untuk "Transmisi Data"