Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunikasi daring asinkron

    Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron: email, blog, website, forum, jejaring sosial (social network).

a. E-mail 

E-mail


Email (Electronic Mail) atau Surel (Surat Elektronik) adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet. Kelebihan Email dibanding surat biasa: 

- E-mail akan langsung terkirim ke alamat tujuan dalam waktu yang singkat - E-mail dapat menampung lampiran (attachment) berupa file digital 

- Sebagian besar e-mail tidak memerlukan biaya selain untuk koneksi Internet 

Contoh penyedia layanan e-mail: Yahoo!, Gmail.

b. Website 

Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada server yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

c. Blog 

Blog adalah Bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Contoh platform blog terkenal:

- Blogger adalah platform blog gratis yang bisa diakses di http://www.blogger.com. Ciri-ciri dari blog platform blogger adalah domain akhirnya yang selalu berakhiran .blogspot.com. Namun jika ingin menggunakan domain sendiri tanpa embel-embel .blogspot.com maka kita bisa membeli domain di penyedia yang saat ini tersedia begitu banyak bahkan yang lokal. 

Blogger


- Wordpress dalah platform blog gratis yang tersedia dalam dua bentuk. Yang pertama adalah blog yang sepenuhnya gratis. Untuk yang pertama ini bisa diakses dan mendaftar di http://www.wordpress.com. Secara umum wordpress yang pertama ini sama dengan blogger. Tipe yang kedua adalah CMS Wordpress yang bisa diunduh di http://www.wordpress.org. Wordpress dalam bentuk CMS ini mengharuskan penggunanya untuk mempunyai hosting dan domain sendiri. 

Wordpress


- Platform joomla secara umum sama dengan Wordpress, menyediakan tipe gratis di http://www.joomla.com dan yang memerlukan hosting dan domain sendiri yang bisa diunduh di http://www.joomla.org.

joomla


d. Jejaring Sosial (Social Network) 

Contoh jejaring sosial: Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Posting Komentar untuk "Komunikasi daring asinkron"